Polsek Sukaraja Fasilitasi Rapat Koordinasi Antara Muspika Dengan Pengurus Gereja

KABUPATEN BOGOR, Selasa (13 Desember 2017) suaraindonesia-news.com – Polsek Sukaraja fasilitasi rapat koordinasi Muspika dengan pengurus gereja yang bertempat di Aula Polsek Sukaraja, Selasa (13/12).

Hadir pada kegiatan tersebut Kapolsek Sukaraja, Kompol Lusi Saptiningsih, SH., MH, Camat Sukaraja, H. Makmun Nawawi, Kepala KUA Sukaraja Drs. Nurman M.A, Ketua MUI Sukaraja KH. Lukmanul Hakim, Danramil Sukaraja, Kapten Inf Tatang.

Selain itu hadir pula para pengurus gereja-gereja dari wilayah Sukaraja, di antaranya Gereja HKBP, Pendeta Robin Batubara, Gereja Immanuel, Pendeta Luki Subaedi, Gereja Paroki Santo Andreas, Pendeta Endro Subroto, Gereja Bait-bait Alah, Pendeta Ridwan Stefanus, GKPS Simalungung, Pendeta R. Sinaga, Gereja CWS, Sdr. Herodes, GBI, Martin, Gereja Nafiri, Pendeta Melky Eman, Rumah Doa Pendeta Nainggolan, Istri Pndt. Nainggolan, Gereja Advent, Sdr. Lorent.

Menurut Kapolsek Sukaraja Kompol Lusi Saptiningsih, SH., MH, kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan oleh dirinya dan dilanjutkan dengan arahan dari masing-masing Muspika Kecamatan Sukaraja.

Menurutnya, pertemuan yang dilaksanakan saat ini dalam rangka pengamanan Natal 2017 untuk menjaga kondusifitas wilayah agar senantiasa menjaga kamtibmas di lingkungan selama giat natal.

“Polri berkewajiban untuk melaksnakan pengamanan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa menjalankan aktifitas keagaamaan dan setiap personil yang bertugas akan dilengkapi dengan sprint tugas untuk antisipasi akan ada backup pam dari Polres,” terangnya.

Camat Sukaraja H. Makmun Nawawi mengatakan bahwa giat Natal dan tahun baru ini merupakan giat rutin yang senantiasa dijalankan dan perayaan natal agar dijalankan secara khidmat di tempat tempat ibadah.

“Selain itu akan dilakukan antisipasi adanya giat natal yang dilaksanakan di rumah tinggal sehingga menimbulkan konflik di masyarakat,” ujarnya.

Dirinya berharap agar dijalin kerja sama dengan semua pihak dan unsur pemerintah untuk terciptanya natal yang kondusif.

Danramil Sukaraja Kapten Inf Tatang menuturkan bahwa pihaknya siap untuk melaksnakan backup pam dalam giat natal di wilayah Kecamatan Sukaraja.

Ketua MUI KH. Lukmanul Hakim mengajak kepada seluruh umat beragama untuk menjaga kerukunan agar perayaan natal berjalan dengan kondusif dan tidak terjadi permasalahan dilapangan.
“Dan untuk menghadapi natal senantiasa menghindari terjadinya gesekan di masyarakat terkait penggunaan rumah tinggal yang dijadikan tempat perayaan natal,” imbuhnya.

Kepala KUA Sukaraja Drs. Nurman M.A mengatakan bahwa secara kedinasan memiliki kewajiban untuk senantiasa menjaga kerukanan internal dan eksternal umat beraga.

“Apabila ada ketersinggungan di masyarakat terkait konflik antar umat beragama agar diselesaikan oleh semua pihak dan jangan bertindak sendiri sendi,” ungkapnya.

Dirinya berharap agar umat nasrani bisa menjalankan perayaan natal denhan khidmat dan lancar.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan masing-masing pengurus gereja antara lain GPDI Imanuel mengatakan agar selama pelaksanaan natal senantiasa kondusif dan setiap perayaan natal senantias ada pam dari pihak keamanan dan mereka memohon informasi personil yang ditugaskan dalam giat pearayaan natal.

Sementara pihak Gereja Simalungun mengucapkan banyak terima kasih kepada aparat keamanan selama pelaksanaan natal dan kebaktian

Dari Santa Paroki juga mengucapkan terima kasih atas kesiapan aparat dalam penagamanan natal dan agar diperjelas jumlah personil yang bertugas di gereja pada pam natal dan juga menyampaian informasi dan komunikasi bisa dilakukan melalui HP

Jemaat Nafiri juga mengucapkan terima kasih atas pam yang sudah dilaksanakan oleh polsek sukaraja dalam giat natal dengan tujuan pam adalah untuk mewujudkan kedamaian dan keamanan serta menghindari terjadinya konflik

Jemaat HKBP Ciluar juga mengucapkan syukur dan terima kasih atas berjalannya pertemuan saat ini agar senantiasa mengharapkan aparat keamanan untuk menjaga setiap kegiatan keagaaman untuk terciptanya situasi yg kondusif.

Reporter: Iran G Hasibuan
Editor: Supanji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here