Polres Dan Pemkot Batu Jalin Kerjasama Latih Calon Polri

Kapolres Batu AKBP Budi Hermato Dan Plt Walikota Batu Punjul Santoso, melakukan penanda tanganan memorandum Of Understanding (MoU) atau kerjasama antara Polres Batu dan Pemkot Batu dalam hal melatih Calon anggota Polri, Rabu (29/11/2017) siang di Aula Rupatama Mapolres Batu.

KOTA BATU, Rabu (29/11/2017) suaraindonesia-news.com – Kapolres Batu AKBP Budi Hermato Dan Plt Walikota Batu Punjul Santoso, melakukan penanda tanganan memorandum Of Understanding (MoU) atau kerjasama antara Polres Batu dan Pemkot Batu dalam hal melatih Calon anggota Polri, Rabu (29/11/2017) siang di Aula Rupatama Mapolres Batu.

Dalam penandatanganan itu juga disaksikan oleh Para kepala sekolah SMA/SMK se kota Batu, dan tiga kecamatan di Kabupaten Malang yakni Kecamatan Pujon Ngantang dan Kasembon serta pejabat kepolsian di jajaran Polres Batu dan beberapa kepala Dinas dilingkungan Pemkot Batu, diantaranya Kadiknas, Kadispenduk Capil, dan Kepala BKD.

“MoU atau kerjasama itu adalah terkait pembinaan dan pelatihan bagi calon anggota Polri, yang direkrut adalah mereka yang masih berstatus pelajar terutama bagi siswa kelas 12 SMA/SMK,” kata Buher pnggilan Akrab Budi Hermanto.

Pembinaan dan pelatihan itu bagi peserta, Polres Batu kepada peserta sama sekali tidak dikenakan biaya sepersenpun alias gratis, walaupun demikian dirinya, tidak berani menjamin peserta yang mengikuti pelatihan dan pembinaan itu otomatis lolos menjadi anggota Polri.

Baca Juga: Kompak Desak KPK Tangkap Koruptor Mega Proyek e-KTP

“Untuk masuk menjadi anggota Polri itu salah satunya harus melewati tim seleksi Polri, sementara kita hanya melakukan pembinaan dan pelatihan, yang menentukan lolos dan tidaknya itu bukan kami, tapi ada ditangan tim seleksi yang dilakukan secara tranparan,” Jelasnya.

Kata dia, pembinaan dan pelatihan itu untuk mengukur sejauh mana kesiapan dalam mendaftar menjadi calon anggota kepolisian, materi yang akan diberikan Pemkot Batu dan Polres Batu itu meliputi kematangan seleksi kesehatan, psiskologi dan tes potensi akademik dan jasmani.

“Yang paling penting dalam pelatihan ini bisa memudahkan mereka membuka wawasan terhadap bagaimana tahapan-tahapan seleksi yang akan diikuti oleh calan anggota kepolisian,” jelasnya.

Sementara itu Punjul Santoso Plt Walikota Batu sangat mengapresiasi atas kerjasama anatara pemkot Batu dengan Polres Batu, ia juga memuji Kapolres Batu yang telah banyak memiliki inovasi baru dalam memberi kesempatan kepada para pelajar, baik di kota Batu maupun wilayah kabupaten Malang yang ada di Pujon Ngantang Kasembon untuk dilatih dan dibina menjadi calon anggota kepolisian.

“Pelatihan dan pembinaan dalam persiapan masuk anggota kepolisian itu adalah inovasi yang luar biasa, bekerja keras dan memiliki visioner, kelihatannya itu sepele tapi siapa yang memikirkan kalau bukan Pak Kapolres, ia memang luar biasa,” puji Punjul kepada Kapolres Batu.

MoU ini kata dia adalah sebagai titik awal dalam komunikasi dan kerja sama terutama ditataran teknis yang nanti dilakukan oleh masing-masing SKPD, dinas-dinas terkait, oleh sebab itu kesempatan yang baik ini mudah-mudahan dimanfaatkan sebaik mungkin kepada para pelajar yang ada diwilayah hokum Polres Batu. (Adi Wiyono/Jie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here