PLN Resmikan Anjungan Listrik Mandiri di Pelabuhan Lahewa, Berikut Penjelasan Manajer PLN UP3 Nias

oleh -168 views
Foto: Kepala Pelabuhan bersama manajer PLN UP3 saat pemotongan pita peresmian Alma di Pelabuhan Lahewa.

GUNUNGSITOLI, Jumat (24/6/2022) suaraindonesia-news.com – PLN meresmikan anjungan listrik mandiri (ALMA) di Pelabuhan Lahewa, Kamis 23 Juni 2022.

Untuk diketahui pelabuhan Lahewa berada dibawah naungan kantor unit penyelenggara kelas 3 kementrian perhubungan, direktorat perhubungan laut.

Acara dibuka oleh kepala pelabuhan Chairul bersama Manager PLN UP3 Nias Hasudungan Siahaan yang disaksikan oleh Jefry selaku pejabat bendahara materil kantor pelabuhan, Manager ULP Gunungsitoli Andreas Frans, Manager Bagian Perencanaan Hans Siregar dan Manager Bagian Pemasaran Dovin Alfrinto Simbolon.

Acara simbolis peresmian ALMA ditandai dengan penandatanganan mou antara MUP3 Nias dengan kepala pelabuhan. Setelah penandatangan dikantor dilanjutkan pemotongan pita di pelabuhan Lahewa.

Kepala pelabuhan sangat mendukung kegiatan penyediaan ALMA di pelabuhan, hal ini bertepatan dengan segera beroperasinya 2 unit kapal oleh tim sar yang menjadikan pelabuhan Lahewa sebagai pangkalannya.

Adapun manfaat ALMA yaitu menyediakan sumber energi yang hemat dan ramah lingkungan dibandingkan saat menggunakan bbm solar selama kapal bersandar dengan penghematan biaya 50 s/d 60%.

Menurut Manager PLN UP3 Nias jika ALMA yang baru diresmikan di Lahewa adalah Alma ke 8 yang berada di wilayah Sumatera Utara.

“ALMA di Lahewa adalah alma ke 8 yang berada di wilayah Sumatera Utara Indonesia. Sebelumnya alma sudah dibangun di 7 lokasi yaitu Pelabuhan yang terletak di Simanindo di samosir, Pelabuhan Balige, Pelabuhan Muara, Pelabuhan tanjung sarang elang, Pelabuhan aji bata di parapat, Pelabuhan tigaras di parapat dan pelabuhan belawan,” jelas Hasudungan Siahaan.

Orang nomor satu PLN Kepulauan Nias tersebut berharap dengan hadirnya ALMA diharapkan PLN dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Nias Utara terutama daerah Lahewa dan sekitarnya.

“Pembangunan alma merupakan bentuk konkrit dari program electryfing marine program yang mendukung kelistrikan kelautan, bertujuan memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor pariwisata perairan dan kelautan guna memenuhi kebutuhan layanan listrik temporer seperti penerangan kapal, cold storage serta keb lainnya d dermaga hingga tempat pelelangan ikan,” jelasnya.

Diakhir penyampaiannya, pejabat PLN tersebut juga berkata jika kedepan PLN berencana akan menambah 3 unit ALMA di Kepulauan Nias, yaitu di Gunugsitoli, Teluk dalam dan Pulau Tello.

Reporter : Topan
Editor : Redaksi
Publisher : Romla

Tinggalkan Balasan