Pj Bupati Sampang Buka Basar Bursa Ternak Sapi Kurban

oleh -208 views
Pj Bupati Sampang H Jonathan Judianto meninjau sapi di basar bursa ternak sapi kurban--usai secara resmi di buka.

SAMPANG, Rabu (15/8/2018) suaraindonesia-news.com – Untuk pertama kalinya di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menjelang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban Tahun 2018 ini, diadakan Basar Bursa Ternak Sapi Kurban, yang diprakarsai oleh Koperasi Tani Bersatu Sampang–yang dipimpin oleh Bapak Agus Wiji.

Basar bursa ternak sapi kurban yang dipusatkan dihalaman Gelanggang Olah Raga (GOR) Sampang tersebut, di buka langsung oleh Pj Bupati Sampang H. Jonathan Judianto. Dengan dihadiri oleh Sekkab Puthut Budi Santoso, Kepala Aparatur Sipil Negeri (ASN) dilingkungan Pemkab Sampang, tokoh masyarakat Sampang dan para peternak sapi se Kabupaten Sampang.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Jonathan menyatakan sangat mendukung kegiatan basar bursa ternak sapi kurban dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, yang diprakarsai oleh koperasi tani bersatu sampang. Sebab tambahnya, kegiatan seperti ini sangat membantu bagi para peternak sapi di Sampang untuk merubah perekonimiannya yang lebih baik dan sejahtera.

“Kegiatan basar bursa ternak sapi kurban yang diprakarsai oleh koperasi tani bersatu Sampang ini sangat bagus dan positif. Karena kegiatan seperti sangat membantu bagi para peternak sapi di Kabupaten Sampang, untuk meningkatkan perekonomiannya. Semoga semua sapi yang dijual di basar bursa ternak sapi kurban laku semua,” ungkap Jonathan, kemarin.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Jonathan berharap, agar kegiatan positif basar busar ternak sapi kurban ini dilaksanakan setiap tahun. Untuk itu, ia meminta agar Ketua koperasi tani bersatu Sampang H. Agus Wiji, selalu menjadi pemrakarsa kegiatan positif ini setiap menjelang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban.

“Tolong teman-teman Kepala Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin ber kurban tahun ini harus membeli di basar bursa ternak sapi kurban ini. Karena biasanya, di setiap lingkungan dinas, badan atau kantor, mereka sumbangan atau urunan bersama untuk melaksanakan kurban,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Tani Bersatu Sampang H. Agus Wiji menjelaskan jumlah ternak sapi yang dijual di basar bursa ternak sapi kurban ini sebanyak 50 ekor sapi. Yang terdiri dari sapi lokal madura, sapi madrusin (silangan sapi madura dan limosin, red) dan sapi limosin. Para petani atau peternak sapi yang ikut dalam kegiatan basar bursa ternak sapi kurban ini, berasal dari 14 kecamatan se Kabupaten Sampang.

Harga sapi kurban yang dijual di basar bursa ternak sapi kurban bervariasi, tergantung besar kecilnya sapi. Harga sapi lokal Rp 12,5 juta per ekor. Harga sapi madrudin (silangan sapi madura dan limosin, red) Rp 30 juta sampai Rp. 15 juta. Dan harga sapi limosin Rp. 34 juta sampai Rp. 15 juta.

“Harga sapi itu tergantung jenis dan besar kecilnya sapi. Dalam basar bursa ternak sapi kurban ini, harga sapi termurah jenis sapi lokal madura,” jelasnya.

Menurut Wiji, tujuan kegiatan basar bursa ternak sapi kurban yang diadakan oleh koperasi tani bersatu Sampang ini, bertujuan untuk membantu masyarakat Sampang dalam memenuhi kebutuhan sapi dalam melaksanakan ibadah kurban di hari raya Idul Adha.

“Juga dalam rangka meningkatkan perekonomian para petani peternak sapi di Kabupaten Sampang agar lebih sejahtera. Yang jelas, koperasi tani bersatu Sampang siap mensejahterakan masyarakat Sampang, melalui usaha ternak sapi,” tandas Wiji.

Reporter : Nora/luluk
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan