Pilkada Situbondo, Paslon Karunia Unggul 6 Persen dari Paslon Mulya Abadi

oleh -21 views
KPU Situbondo saat menggelar rekapitulasi perolehan suara Pilkada 2020.

SITUBONDO, Rabu (16/12/2020) suaraindonesia-news.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur menggelar rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di aula hotel Sansui yang berlokasi di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit.

Dalam rekapitulasi yang dihadiri oleh Kapolres AKBP Achmad Imam Rifa’i, Dandim 0823, Bawaslu serta 17 PPK yang tersebar di Kabupaten Situbondo pasangan calon (Paslon) nomor urut 01, yakni Karna Suswandi – Hj. Khoirani (Karunia) unggul sekitar enam persen dari paslon petahana, Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi (Mulya Abadi).

Dengan kemenangan tersebut, maka dapat dipastikan tidak akan ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Situbondo, Marwoto, bahwasanya gugatan itu akan diterima oleh MK, jika kemenangan di bawah 1,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Gugatan yang bisa diterima MK itu, jika perolehan suara Paslon yang menang dibawah 1,5 persen,” kata Marwoto disela sela penghitungan suara berlangsung.

Marwoto juga mengemukakan, bahwa penghitungan hasil perolehan suara di tingkat kecamatan yang dilakukan pada tanggal 13 Desember kemarin itu, sebenarnya sudah merupakan hasil final perolehan suara kedua paslon.

Paslon 01, Karna Suswandi-Ny Hj Khoirani mendapatkan 200.570 suara atau 53 persen. Sedangkan calon petahana, Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi memperoleh 178.108 suara, setara dengan 47 persen. Sehingga, perolehan suara Paslon 01 unggul sekitar 22.426 suara.

Rapat Pleno terbuka yang dilakukan hari ini, lanjutnya, dalam rangka rekapitulasi tingkat kabupaten dan penetapan hasil perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini merupakan hasil dari rekapitulasi yang dilakukan di tingkat kecamatan.

“Namun jika ada gugatan atau keberatan dari paslon yang kalah, KPU akan menunggu hingga lima hari dari pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kabupaten,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Situbondo baru saja usai menggelar kontestasi Pilkada serentak 2020. Dalam pesta demokrasi tersebut, ada dua kandidat yakni Karna Suswandi-Ny Hj. Khoirani (Karunia) dengan nomor urut 01 dan Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi (Mulya Abadi) dengan nomor urut 02.

Reporter : Ugik
Editor : Redaksi
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *