Petani Tembakau Sampang Berharap Harga ‘Daun Emas’ Tembakau Tahun Ini Bagus

oleh -51 Dilihat
Petani tembakau Sampang saat menyirami tananam 'Daun Emas" tembakaunya. Berharap harga jual tembakau tahun ini bagus. (Foto: Nor/SI).

SAMPANG, Jumat (17/7/2020) suaraindonesia-news.com – Musim tanam ‘Daun Emas’Tembakau tahun ini di tengah pandemi Covid-19, diwarnai perasaan khawatir para petani tembakau. Kekhawatiran itu bukan terkait pandemi Covid-19, tapi masalah harga jual tembakau yang tidak bagus akibat permainan harga.

Pantau suaraindonesia-news. com, ke petani tembakau, mereka berharap harga ‘Daun Emas’ tembakau pada musim tanam tahun ini bagus. Harapan petani tembakau Sampang itu sangat beralasan, karena pada musim tanam tembakau tahun lalu, harga jual tembakau hancur dan anjlok.

“Kami berharap harga jual tembakau musim tanam tahun ini bagus. Agar petani tembakau tidak sia-sia melakukan tanam tembakau dengan biaya besar. Sebab, pada musim tanam tembakau tahun lalu, harga jual tembakau hancur dan anjlok,” terang Subai, petani tembakau kecamatan Sampang, saat ditemui di ladang tembakau nya.

Menurutnya, dirinya selaku petani tembakau tidak paham terkait bagus atau tidaknya harga tembakau setiap tahunnya. Apakah ada permainan atau dipermainkan. Para petani tembakau menanam hanya mengikuti musim. Saat musim tanam padi petani menanam padi, saat musim tanam jagung petani menanam jagung. Dan saat musim tanam tembakau para petani menanam tembakau.

“Untuk itu, kami berharap ada perhatian serius dari Pemkab Sampang, agar membantu para petani tembakau supaya harga jual tembakau setiap tahunnya bagus. Lebih-lebih di musim tanam tembakau tahun ini ditengah pandemi Covid-19. Sebab, selama pandemi Covid-19, ekonomi masyarakat kecil hancur total. Untuk melakukan tanam tembakau terpaksa nekad pinjam dan ngutang,” terang Subai panjang lebar.

Hal senada juga dilontarkan Pak Ammat seorang petani tembakau kec Sampang, dia berharap harga jual tembau tahun ini bagus. Agar para petani tembakau yang susah payah telah menanam tembakau dapat menikmati hasil jerih payahnya untuk memenuhi biaya hidup keluarganya. Karena selama pandemi Covid-19, ekonomi masyarakat petani hancur dan tidak berdaya.

“Saya menanam tembakau tahun ini, hanya mengikuti musim saja. Dengan harapan, setelah panen harga jual tembakau baik dan bagus. Untuk itu, saya berharap ada perhatian atau ikut campur dari Pemkab Sampang, menolong petani tembakau agar harga jual tembakau bagus dan tinggi. Sehingga, dapat membantu dan mengangkat perekonomian masyarakat petani tembakau,” pungkasnya.

Reporter : Nora/War
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan