Personel TRC BPBD Jember Bantu Pencarian Korban Erupsi Semeru

oleh -538 views
Personel TRC BPBD Jember yang terjunkan untuk membantu evakuasi korban Erupsi Merapi. (Foto : BPBD Jember untuk Suara Indonesia News).

JEMBER, Minggu (05/12/2021) suaraindonesia-news.com – Personel TRC BPBD Jember yang diterjunkan ke lokasi bencana Erupsi Gunung Semeru, tepatnya Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Lumajang.

Kepala BPBD Jember Sigit Akbari melaporkan, sedikitnya ada 8 orang dalam keadaan meninggal dunia berhasil dievakuasi oleh personelnya.

“Personel kami membantu operasi pencarian korban yang belum ditemukan di lokasi Kebondeli Desa Sumberwuluh Kec. Candipuro, hingga pukul 12.00 WIB, tim gabungan operasi pencarian korban yang hilang, ada 8 orang yang sudah berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia,”ungkap Sigit Akbari, Minggu (05/12/2021).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, instruksi itu telah disampaikan Presiden kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Rerumahan Rakyat (PUPR), Panglima TNI, Kapolri, serta Gubernur dan Bupati.

“Presiden telah memerintah untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari, dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka dan melakukan penanganan dampak bencana,” kata Pratikno, dalam keterangan persnya secara daring, Minggu (5/12/2021)

Selain itu, kata dia, Presiden Jokowi juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, dan perbaikan infrastruktur diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat. Pratikno mengatakan, pemerintah mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Apalagi, kata dia, Indonesia berada di wilayah ring of fire yang rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi.

“Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat siaga dan waspada, saling bekerja sama, untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini,” ujar dia.

Adapun Presiden dan Wapres disampaikan Pratikno terus memonitor dari waktu ke waktu atas musibah erupsi Gunung Semeru.

Sampai berita ini ditayangkan terdapat korban meninggal sejumlah 14 jiwa, korban luka berat 35 orang, korban luka ringan 21 orang, serta warga terdampak awan panas guguran dan debu vulkanik sebanyak 5.205 jiwa

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.