Persiapan Hadapi New Normal, Polres Probolinggo Kota Bentuk Kampung Tangguh Semeru

oleh -590 views
Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya tunjukkan APD dan Masker kain yang diproduksi oleh warga Kampung Tangguh Semeru Asabri, Kelurahan/Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Senin (1/6/20) siang.

PROBOLINGGO, Senin (1/5/2020) suaraindonesia-news.com – Dalam upaya mempersiapkan masyarakat mandiri untuk menghadapi New Normal ditengah pandemi Covid-19, Polres Probolinggo Kota, Jawa Timur gencar mendirikan Kampung – Kampung Tangguh Covid-19 di seluruh Kelurahan yang ada di Wilayah Hukum Polres Probolinggo Kota.

Terkait hal tersebut, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya mengatakan, sementara ini di 29 Kelurahan di 5 wilayah Kecamatan Kota Probolinggo sudah terbentuk Kampung Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib dan Rukun).

Menurutnya, Kampung Tangguh Semeru adalah sebuah komunitas masyarakat dalam suatu area yang secara serentak dan sukarela menjalankan protokol kesehatan guna menjaga kesehatan masyarakat di wilayahnya.

“Dari pelaksanaan ini diharapkan setiap warga masyarakat mampu menjaga kesehatan dirinya dan menjaga kesehatan orang lain dalam wilayahnya dari potensi penularan Virus Covid-19,” ungkap AKBP Ambariyadi Wijaya usai membuka pelatihan kepada relawan Kampung Tangguh Semeru Asabri, Kelurahan Kanigaran, Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo, Senin (1/6/20) siang.

Tujuannya dibentuknya Kampung Tangguh Semeru, kata AKBP Ambariyadi Wijaya, adalah; Melakukan kerjasama antar warga untuk menjaga wilayahnya dengan semangat musyawarah dan gotong royong. Menjaga dan melindungi masyarakat agar dapat menjalankan kegiatan sebagaimana mestinya.

“Kemudian menjaga kualitas kesehatan warga masyarakat dalam wilayahnya agar terhindar dari potensi penyebaran virus Covid-19, serta menjalankan protokol kesehatan secara serentak didalam area wilayahnya,” jelasnya.

“Dengan terbentuknya Kampung Tangguh Semeru ini diharapkan timbul kesadaran masyarakat, aman dari Virus Corona Covid-19, tidak ada pertambahan pasien yang positif lagi, dan perekonomian kembali normal,” ujarnya.

Kapolres mencontohkan, seperti Kampung Tangguh Semeru Asabri Kelurahan/Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo.

Ia sebutkan, dalam upaya memangkas penyebaran Covid-19 diwilayahnya, masyarakatnya sudah mandiri melakukan protokol kesehatan dalam aktivitas kehudupan sehari – hari, masyarakat bergotong royong mendirikan lumbung pangan, masyarakat bergotong royong saling membantu kepada warga di wilayahnya yang perlu dibantu.

“Disamping itu secara gotong royong warga juga memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) seperti faceshild untuk tenaga relawan Covid-19 di wilayahnya, dan membuat masker kain untuk dibagikan kepada warga masyarakat diwilayahnya,” tandas mantan Kasubdit-1 Ditreskrimsus Polda Jatim ini.

Reporter : S.Widjanarko
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *