Perluas Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi, BPJS Kesehatan Sambangi UNIRAYA

oleh -48 views
Foto: BPJS Kesehatan saat berdiskusi dengan pimpinan UNIRAYA.

NIAS SELATAN, Senin (31/10/2022) suaraindonesia-news.com – Sebagai upaya meningkatkan kolaborasi dalam optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di perguruan tinggi, BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli melakukan audiensi dengan Universitas Nias Raya (UNIRAYA).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli, Mahyuddin mengatakan bahwa langkah ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional sekaligus Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Peningkatan Kepatuhan dan Kepesertaan Program Jaminan Sosial Kesehatan Pada Satuan Pendidikan Formal dan Non Formal.

“Regulasi-regulasi tersebut mengamanatkan kepada seluruh penyelenggara pendidikan untuk mendaftarkan pendidik, tenaga kependidikan dan tenaga pendukung lainnya untuk menjadi peserta Program JKN aktif. Selain itu, juga untuk memastikan peserta didik juga terdaftar menjadi peserta aktif,” terang Mahyuddin, Senin (31/10).

Beberapa usulan yang bisa menjadi pertimbangan diantaranya persyaratan keaktifan kepesertaan Program JKN sebagai salah satu syarat pendaftaran mahasiswa baru serta optimalisasi rekrutmen peserta melalui pendaftaran mahasiswa secara kolektif. Harapannya seluruh civitas academica UNIRAYA dapat terlindungi oleh Program JKN,” ujar Mahyuddin lebih lanjut.

Mahyuddin menyatakan, bahwa BPJS Kesehatan siap untuk berkolaborasi dalam rangka upaya optimalisasi Program JKN di perguruan tinggi, baik dalam hal penerimaan pendaftaran peserta JKN hingga memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai Program JKN.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan asistensi dalam proses pendaftaran peserta guna mendorong kepesertaan Program JKN aktif di ruang lingkup UNIRAYA.

Di samping itu, Mahyuddin juga menjelaskan, bahwa BPJS Kesehatan telah menyediakan berbagai kanal layanan non tatap muka di antaranya Mobile JKN, Chat Asistant JKN (Chika), Voice Interactive JKN (Vika), Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

“Apalagi saat ini juga terdapat kemudahan akses layanan kesehatan bagi peserta yakni penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai identitas Peserta Program JKN. Semua itu merupakan bentuk kemudahan yang diberikan kepada peserta dalam melakukan akses pelayanan administrasi dan pelayanan kesehatan baik di fasilitas kesehatan,” jelas Mahyuddin.

Sementara itu, Rektor UNIRAYA, Martiman Sarumaha, menyambut baik kedatangan BPJS Kesehatan. Dirinya mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melaksanakan amanat regulasi tersebut

“Kegiatan ini merupakan media bagi kita untuk membangun sinergi dan komunikasi yang baik dalam upaya mendukung Program JKN. Terkait dengan SE Mendikbudristek Nomor 5 Tahun 2022, kami siap untuk menjalankannya. Kami berharap BPJS Kesehatan dapat melakukan sosialisasi Program JKN yang nantinya akan coba kita padukan dengan kegiatan kreatif mahasiswa supaya lebih menarik dan efektif,” kata Martiman.

Reporter : Topan
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan