Pererat Persaudaraan, Korpri dan Masyarakat Raja Ampat Gelar Bukber

oleh -234 views
Acara Buka Bersama

Reporter: Zainal La Adala

RAJA AMPAT, Kamis (8/6/2017) suaraindonesia-news.com – Guna mempererat hubungan persaudaraan antar sesama umat manusia di bulan suci Ramadhan 1438 H, khususnya umat muslim. Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) bersama masyarakat kabupaten Raja Ampat menggelar buka puasa bersama (Bukber), dilapangan kantor Bupati Raja Ampat, jalan kompleks perkantoran Pemkab Raja Ampat, Kelurahan Warmasen, Raja Ampat, Papua Barat, Rabu sore (7/6/17).

Hadir dalam acara buka puasa bersama kali ini, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, Plt Sekda Raja Ampat, Yusuf Salim yang juga selaku Ketua Korpri. Tidak mau ketinggalan, sejumlah pejabat eselon II,III dan IV, ASN, tenaga honorer dilingkungan Pemkab Raja Ampat serta puluhan masyarakat umat muslim maupun non muslim hadir dalam kegiatan realigi itu.

Ustadz Zaki Mubaraq, saat mengisi ceramah mengatakan, Bersaudara dalam islam merupakan untaian kata yang paling indah bila diucapkan, dan menjad kunci kejayaan kaum muslim di masa silam.

“Namun fenomena yang terasa akhir-akhir ini  justru menjadi berkurangnya nilai persaudaraan antar umat manusia, khususnya umat muslim,” ujarnya.

Lanjutnya, Terlebih semakin membuat jarak antara manusia dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang pada akhirnya bermuara kepada kurangnya memaknai Persaudaraan Islam.

“Persatuan merupakan perkara yang di Ridhai dan diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, sedangkan perpecahan merupakan perkara yang dibenci dan dilarang olehnya,” kata Ustadz Zaki.

Dijelaskan, betapa pentingnya berukhuwah Islamiyah (bersaudara dalam islam), menjadi ungkapan mahal yang begitu indah, tapi tak sekedar ukhuwah indah, hingga terlupakan hak-hak saudara kita. Justru yang bersemi dan dikedepankan adalah persaudaraan Islam. Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, Uhibbuki Fillah “Aku Mencintaimu Karena Allah”, dan terikat kuat  disatukan oleh aqidah yang kokoh dan direkatkan atas nama cinta kepada Allah SWT yang bergerak deras dengan keikhlasan dalam meraih Ridha-Nya.

Ustadz Zaki menambahkan, Krisis ukhuwah, sadar atau tidak sadar telah lama mencekam masyarakat Indonesia dan berdampak besar pada penurunan krisis kepercayaan, krisis moral dan paling parah krisis ukhuwah yang makin memudar warnanya, tak tersentuh oleh hangatnya ukhuwah dan manisnya iman.

“Di suatu sisi umat terjerumus ke dasar lembah, dengan segala kebutaan akan petunjuk illahi. Tanpa sadar melangkah menuju kebinasaan yang siap menanti dihadapannya. Umat membutuhkan manusia-manusia penyadar, manusia yang mampu membangunkan umat dan member pencerahan, membukakan matanya dan menyucikan jiwanya,” imbuhnya.

“Semoga melalui ceramah dalam acara buka puasa Korpri bersama masyarakat kali ini, bermanfaat untuk  mempererat hubungan antar umat manusia, khususnya umat muslim di Kabupaten Raja Ampat,” ujar Ustadz Zaki dalam ceramahnya.

Sebelum menyantap hidangan buka puasa, para hadirin yang beragama Islam, diajak Ustadz Zaki untuk berzikir dan membaca doa terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan