Penghargaan Adipura Untuk Masyarakat Sumenep Kirap Piala Adipura Dengan Bersepeda

oleh -34 Dilihat

Penghargaan Adipura Untuk Masyarakat Sumenep

Kirap Piala Adipura Dengan Bersepeda

Sumenep Suara Indonesia-news.com – Keberhasilan Kabupaten Sumenep yang meraih penghargaan Adipura tahun 2013 ini, diperlihatkan kepada masyarakat oleh Bupati Sumenep, KH.A.Busyro Karim, M.Si bersama seluruh karyawan instansi pemerintah, BUMD, Masyarakat Peduli Lingkungan, Lembaga Pendidikan  dan sejmulah lembaga peduli lingkungan lainnya di Sumenep, yang dilaksanakan Jum’at pagi (14/06) seusai SKJ di Halaman Kantor Bupati Sumenep.

Penghargaan Adipura dan penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diraih SMPN I Manding diarak keliling kota yang dikawal Kacong-Cebbing menggunakan odong-odong sementara Bupati Sumenep bersama seluruh peserta kirap Adipura menggunakan sepeda “pancal”, yang diawali dari Kantor Bupati Sumenep, dan selanjutnya berkeliling seputar kota hingga berakhir di Pendopo Agung Kraton Sumenep.

Sepanjang perjalanan Bupati kerap menyapa siswa berseragam Pramuka yang berjejer sepanjang jalan mulai siswa SD,SMP dan SMA di Sumenep. Bahkan, Bupati menyempatkan untuk turun dan menyapa masyarakat yang ingin menyampaikan sesuatu kepada Bupati.

Selanjutnya Bupati bersama peserta kirap Adipura menggelar syukuran bersama para petugas kebersihan yang lebih dikenal dengan Pasukan Kuning. Hal itu diagendakan khusus oleh Bupati dalam rangka bentuk penghargaan dan rasa terima kasihnya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Sumenep kepada para pahlawan Adipura tersebut.

“kegiatan kirap bukan  untuk pamer atas prestasi adipura, namun selain untuk memperkenalkan kepada masyarakat kami ingin menyapa masyarakat bersamaan hari ini membawa Piala Adipura.”ujarnya.

Sebab, Piala Adipura merupakan milik masyarakat Sumenep. Sehingga dengan Kirap Piala Adipura tersebut pihaknya bisa memberikan motivasi kepada anak-anak sekolah yang ternyata memiliki kebanggaan tersendiri dengan Piala Adipura tersebut. Bahkan, ketika ada masyarakat yang berdiri di depannya,  Bupati turun dari sepedanya dan mendengarkan keluhan masyarakat.

Ternyata masih ada masyarakat disana yang perlu diperhatikan dan itu harus terus dilakukan tidak hanya oleh Bupati tapi semua pejabat dan masyarakat yang peduli terhadap persoalan-persoalan yang ada di masyarakat. Karena itu Bupati juga mengakui sering melakukan koordinasi dan singkronsasi program dengan seluruh SKPD yang ada.

“termasuk terhadap persoalan lingkungan hidup di Sumenep, yang bukan hanya tugas pasukan kuning, namun ternyata ada komonitas kali marengan, masyarakat peduli lingkungan dan semacamnya yang bersama-sama yang mendukung dengan langsung praktek dan action dilapangan.”tambahnya.

Diakui pula, pihaknya akan segera meresmikan adanya Bank sampah di Sumenep dalam waktu dekat. Dan itu harus disosialisasikan, bagaimana mislanya mengajak masyarakat untuk membayar listrik dengan sampah dan semacamnya.

Sementara itu, dalam mensyukuri Piala Adipura, hari Minggu (16/06) Bupati juga akan mengajak seluruh Petugas Kebersihan, dan masyarakat makan bersama di Pasar Minggu. Hal itu untuk memberdayakan para PKL yang biasa berjualan disana  areal Adipura hingga depan Pendopo Agung Kraton Sumenep. Setidaknya ada seribu orang yang merasakan makan bareng dengan Bupati.

Reporter : ren/zai/adv

 

Tinggalkan Balasan