Pengangkatan Dan Pemberhentian Perangkat Desa Harus Sesuai Prosedur

oleh -62 Dilihat

Sumenep, suaraindonesia-news.com – Pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa oleh Kepala Desa harus tetap mengacu pada prosedur dan ketentuan yang ada. bahkan, di Kabupaten Sumenep, dalam pelaksanaan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa sudah ada dalam Perturan Daerah (Perda) 18 tahun 2011.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setdakab Sumenep, Drs. Moh. Ramli, M.Si , Jumat (26/07) menjelaskan, disamping mengacu pada Perda yang ada pihaknya juga sudah mempersiapkan Peraturan Bupati (Perbup) yang sudah digodok dan tinggal diluncurkan pada bulan Agustus mendatang.

Sebenarnya saat ini sudah bisa bersandar dengan Perda 18 tahun 2011 tersebut untuk pelaksanaan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, ujarnya.

Sedangkan dalam Perbupnya nanti akan lebih detail terkait dengan aturan dan mekanisme yang harus dilakukan Kepala Desa dalam melaksanakan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Karena, Kepala Desa memang memiliki kewenangan untuk melakukan pengangkatan dan pemberhentian terhadap perangkat desanya, apabila memang dibutuhkan untuk dilakukan.

Namun, yang harus diperhatikan tetap mengacu pada aturan yang ada, dan bukan karena dasar suka dan tidak suka pada perangkat desa. Misalnya, sudah sangat penting untuk dilakukan pengangkatan karena perangkat desa sebelumnya meninggal, atau diberhentikan karena melanggar hukum atau atas dasar lainnya.

Misalnya, melanggar disiplin, dengan dilakukan peringatan administrasi dan seterusnya bukan kemudian serta-merta dilakukan pengangkatan dan pemberhentian sesuai keinginan Kades. tambahnya.

Sementara itu, pasca Pilkades, dan pergantian Kepala Desa di sejumlah Desa di Sumenep, memang ada sejumlah Desa yang melaporkan terkait pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. Karena itu mantan Camat Batang-Batang Ini berharap proses itu harus dilaksanakan. Dan jika ada yang merasa dirugikan pihaknya mempersilahkan melaporkan persoalan tersebut melalui prosedur yang ada.

Reporter : Ren

Tinggalkan Balasan