Pemkot Batu Gelar Pasar Murah, Pamerkan Produk 60 UMKM

oleh
Dewanti Rumpoko Walikota Batu

KOTA BATU, Selasa (23/10/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintah kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Batu di halaman Balai Among Tani (BAT) Kota Batu menggelar pasar murah. Acara tersebut digelar mulai 23 oktober hingga 26 oktober 2018.

Pasar murah dan Pameran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) award dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) kota yang ke 17 itu diikuti oleh 60 UMKM binaan Diskoperindag kota Batu, yang bergerak di bidang fashion, kerajinan kayu, produk Pertanian, batik hingga makanan dan minuman.

Arief As Sidiq, Plt Kepala Diskoperindag Kota Batu saat ditemui, Selasa (23/10/2018) mengatakan Pasar murah itu diikuti oleh 60 UMKM binaan Diskoperindag kota Batu, mulai menjual produk pertanian sayuran dan buah-buahan, makanan minuman dalam kemasan hingga sembako dengan harga yang lebih murah dibanding dengan harga pasaran.

“Pasar murah ini haraganya memang benar-benar murah karena kita mengambil langsung dari distributornya. Selain itu pasar murah ini kita juga melibatkan Bulog, PT BWR, Disributor dan Supplier di Kota Batu,” kata Arief As Sidiq.

Menurutnya, animo masyarakat dalam mengikuti pasar murah ini sebenarnya sangat tinggi, lebih dari 200 UMKM, namun karena keterbatasan tempat terpaksa hanya 60 UMKM saja, tetapi tidak menutup kemungkinan di tahun mendatang pihak Diskoperindag akan menggelar pasar murah yang lebih besar.

Sebab Arief As Sidiq melihat UMKM di kota Batu sangat menjanjikan baik dilihat dari produk maupun kwalitas barang tidak kalah dengan produk dari Bali maupun Yogyakarta.

“Kita punya UMKM yang jumlahnya dan kwalitas tidak yang tidak kalah yang ada di Bali maupun Yogya, Ini yang harus kita tingkatkan dan kita dorong, dan kita wadahi dengan sarana dan prasarana display,” jelasnya.

Kata dia, Pameran-pameran nanti akan ditingkatkan kwalitasnya, keterlibatkan seluruh komponen masyarakat. Yakni intinya adalah dijadikan sebagai even gebyar dari UMKM kota Batu untuk menuju yang lebih bagus, ia juga berjanji kedepan pihaknya akan menfasilitasi seluruh UMKM di Kota Batu.

Sementara itu Walikota Batu Dewanti Rumpoko berpesan kepada pelaku usaha untuk menjalankan management yang baik, agar usaha yang dijalankan dapat maju dan sukses.

“Seperti pintar membuat kue tapi tidak pandai meminit managementnya. Ini yang menjadi kelemahannya. Akibatnya usahanya tidak bisa maju,” kata Dewanti.

Imbuhnya, terutama kepada yang muda untuk memberi mereka semangat, menghasilkan produksi barang-barang yang layak, apa yang menjadi kelemahan pada administrasi keuangan segera harus dibenahi agar usahanya sukses.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *