Pemkot Balikpapan Gelar Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

oleh -208 views
Foto: Walikota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, saat tampil sabagai Inspektur Upacara pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

BALIKPAPAN, suaraindoensia-news.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Merdeka, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pelaksanaan kegiatan ini masih dilakukan pembatasan bagi peserta dan tamu undangan dengan menerapkan protokol kesehatan lantaran masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dalam upacara Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini, tampil sebagai Inspektur Upacara Wali kota Balikpapan, Rahmad Masud.

Hadir pada kesempatan tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan dan sejumlah tamu undangan.

Rangkaian upacara dimulai sekira pukul 10.00 Wita dan diawali dengan mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan bangsa.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi, pemberian santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada salah satu Ketua RT di Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara karena mengalami kecelakaan kerja, hingga pementasan tari kolosal yang melibatkan 160 pelajar SD atau SMP Balikpapan.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh ikut membacakan naskah proklamasi dan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka Kota Balikpapan.

Sebagai Inspektur Upacara, Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud tidak memberikan amanatnya. Hanya saja, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada kesempatan ini,” ucapnya singkat.

Usai giat upacara, Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini memberikan semangat kepada semua sektor. Mengingat kondisi pandemi Coivd-19 masih terus berlangsung meski kegiatan masyarakat tidak lagi diperketat.

Apalagi kota ini, kata Ramad Mas’ud, bakal menjadi penyangga utama saat pemerintah pusat merealisasikan pemindahan Ibu Kota Negara di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

“Mudah-mudahan peringatan hari kemerdekaan kita ini menambah semangat untuk berkarya. Membangun semua sektor kita yang lagi terpuruk karena pandemi. Saya yakin dengan kebersamaan dan gotong royong, kita mampu menyambut pemindahan Ibu Kota Negara,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya pada Rabu dini hari, Pemkot Balikpapan bersama Forkopimda menggelar apel kehormatan dan renungan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Taman Makam Pahlawan Darma Agung, Gunung Bakaran, Balikpapan Selatan.

Apel kehormatan dan renungan suci tersebut dipimpin Komandan Kodim 0905 Balikpapan, Kolonel Inf. Faizal Rizal. Turut hadir Walikota Balikpapan, Ketua DPRD Balikpapan, Kapolresta, Danlanud, Danlanal, Kajari Balikpapan serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Balikpapan.

Reporter : Fauzi
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan