Pemkab Sumenep Gandeng QHNU, Fokus Lahirkan Generasi Qurani

oleh -45 views
Foto : Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah, pada acara JQHNU Sumenep.

SUMENEP, Sabtu (08/04/2023) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep Madura Jawa Timur, tiada henti berupaya untuk mencetak melahirkan generasi qurani, di tengah-tengah gempuran digitalisasi.

Upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Sumenep dalam peringati Nuzulul Quran.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah menyampaikan, pada saat ini tentunya dengan serba digitalisasi, ketertarikan anak-anak mempelajari Al-quran tidak cukup signifikan ketimbang lebih memilih pada menonton tayangan-tayangan yang disajikan melalui media digital.

Dalam pandangannya, Dewi Khalifah menjelaskan persoalan itu menjadi tantangan tersendiri bagi JQHNU Sumenep, bagaimana untuk selalu berupaya bertahan menebarkan nilai-nilai Qurani di tengah gempuran digitalisasi.

“Dalam mencetak generasi qurani di era digitalisasi, ini memang merupakan tantangan sendiri bagi kita semua, terutama bagi JQHNU,” kata Wabup Dewi Khalifah, dalam sambutannya pada peringatan Nuzulul Quran PC JQHNU Sumenep.

Nyai Eva akrab disapa menambahkan, JQHNU Sumenep harus melahirkan berbagai inovasi dengan kemampuan yang dimilikinya, semata-mata untuk melancarkan misi mulianya.

Salah satunya, dengan cara mengadakan media pembelajaran seperti grup zoom meeting, hal ini sebagai media belajar Al-quran dengan menggandeng berbagai lembaga pendidikan di wilayah masing-masing.

“Bisa dicoba salah satunya adalah dengan mengadakan grup zoom meeting, nanti juga menggandeng sekolah-sekolah,” imbuhnya.

Pihaknya menegaskan Pemkab Sumenep akan terus mendukung JQHNU Sumenep, untuk mencetak generasi Qurani.

“Kami siap untuk mendukung segala program yang digagas oleh JQHNU Sumenep, selama hal itu mengarah pada kegiatan yang positif dan tidak merugikan pihak manapun,” tegasnya.

Pada kesempatan itu juga Ketua JQHNU Sumenep, Syafa’at menyampaikan, pernyataan Wabup Nyai Eva selaras dengan visi dan misi yang dipegang teguh oleh JQHNU Sumenep.

Syafa’at juga menjelaskan seperti kagiatan Pekan MTQ JQHNU Sumenep 2023 beberapa bulan lalu, bahwa kagitanya memang sengaja fokus pada anak-anak kecil,tujuannya agar dapat menanamkan nilai-nilai Qurani pada calon penerus bangsa, sejak usia dini.

Maka dari itu, untuk selanjutnya ia berharap seluruh berbagai pihak dapat bekerjasama terus dan setiap program yang dihadirkan oleh JQHNU Sumenep selalu disuport.

“Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan kami saat ini. Semoga dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak,” tandasnya.

Reporter : Ari
Editor : Wakid Maulana
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan