Pemkab OKI Bedah Rumah Warga Pulau Gemantung

oleh
Penyerahan kunci rumah warga program bedah rumah.

OGAN KOMERING ILIR, Jumat (31/01/2020) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten OKI melaksanakan kegiatan bedah rumah di Dusun 7, Desa Pulau Gemantung, Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten OKI, Selasa (7/01) lalu.

Kegiatan bedah rumah tersebut merupakan implementasi salah satu dari lima program Bupati OKI, yakni Program OKI Peduli melalui Dinas Sosial bersama Baznas Kabupaten OKI.

Hal ini disampaikan langsung Bupati OKI H Iskandar SE yang diwakili oleh H Fahrul Rozi selaku staf ahli bidang ekonomi keuangan dan pembangunan Pemkab OKI saat melaksanakan kegiatan penyerahan kunci, Jumat (31/01) di Dusun 7 Desa Pulau Gemantung Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten OKI.

Menurutnya bedah rumah ini merupakan bentuk perhatian pemerintah Kabupaten OKI terhadap warga yang dinilai kurang mampu yang secara kriteria layak untuk menerima bantuan tersebut.

“Hari ini kita akan menyerahkan kunci rumah ini kepada ibu Juairiah, selaku pemilik sekaligus penerima manfaat. Saya pribadi merasa terharu dengan kegiatan ini, Inshaa Allah program ini berkelanjutan,” ucapnya.

Ia juga mendoakan agar masyarakat tergugah hatinya untuk dapat saling membantu satu sama lain. Karena menurutnya masih banyak warga yang memiliki rumah tidak layak huni untuk diperjuangkan agar nantinya dapat memiliki rumah yang layak huni.

“Dengan telah dilaksanakannya penyerahan kunci rumah ini, saya berharap agar kiranya pemilik rumah dapat menjaga dan merawatnya dengan baik,” ungkapnya.

Selain dihadiri oleh Bupati OKI H Iskandar SE yang diwakili oleh Staf Ahli bidang ekonomi, keuangan, dan pembangunan, H Fahrul Rozi, kegiatan penyerahan kunci ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI H Riswandi S.sos, Ketua Baznas Kabupaten OKI Drs H Ahmad Nasir Bait, Camat dan Sekretaris Camat Tanjung Lubuk berserta staf, Kades Desa Pulau Gemantung, Sadzali berserta perangkat desa, dan juga Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat serta beberapa perwakilan warga setempat lainnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKI H Riswandi S.Sos saat ditemui usai kegiatan tersebut mengatakan bahwa selain program OKI peduli, ada beberapa program pemerintah lainnya yang juga telah diimplementasikan, diantaranya yakni progam OKI Sehat.

“Dan bedah rumah ini termasuk dalam program OKI Peduli. Ada lima program yang dimiliki Pemkab OKI dan program-program tersebut akan kita laksanakan secara bertahap,” kata Riswandi.

Dikesempatan yang sama, Ketua Baznas Kabupaten OKI Drs H Ahmad Nasir Bait saat dimintai penjelasan terkait kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa dana yang dipergunakan dalam bedah rumah ini bersumber dari pengelolaan zakat dan infaq yang dikumpulkan berdasarkan persentase yang telah ditetapkan sebelumnya dari total penghasilan (gaji) seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di lingkungan Pemerintahan Kabupaten OKI.

Kedepan pihaknya berharap akan ada pihak ketiga diluar ASN yang dapat berkontribusi dalam mewujudkan program pemerintah, khususnya program OKI peduli.

“Kita berharap nantinya bukan hanya ASN, tapi juga para pengusaha dan pihak swasta yang ikut berkontribusi, sehingga program ini bisa terus kita laksanakan secara berkelanjutan,” harapnya.

Program bedah rumah yang dilaksanakan di salah satu rumah warga Dusun 7 Desa Pulau Gemantung diketahui adalah milik Juairiah yang sehari-hari berprofesi sebagai petani.

Dalam kehidupan sehari-harinya, Juairiah tergolong warga yang berpenghidupan kurang sejahtera dari segi perekonomian. Ia juga diketahui memiliki rumah yang tidak layak huni. Atas dasar itulah akhirnya Sadzali selaku Kades Pulau Gemantung berinisiatif untuk mengajukan proposal bantuan kepada Pemerintah Kabupaten OKI melalui Baznas Kabupaten OKI untuk melakukan bedah rumah yang dimiliki oleh Juairiah.

Saat dikonfirmasi usai kegiatan penyerahan kunci, Kades Pulau Gemantung Sadzali membenarkan bahwa pihaknya telah mengajukan proposal bantuan bedah rumah kepada pemerintah Kabupaten OKI melalui program OKI peduli bersama pihak pemerintah Kecamatan Tanjung Lubuk.

Menurutnya, Juairiah layak untuk mendapatkan bantuan bedah rumah tersebut. Mengingat kondisi rumah yang dimiliki nya tidak layak huni.

“Memang didalam program OKI peduli ini ada program bedah rumah, dan untuk disetiap kecamatan hanya satu rumah saja,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Sadzali, selaku kepala pemerintahan di Desa Pulau Gemantung, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah Kecamatan Tanjung Lubuk untuk mengajukan proposal bedah rumah kepada pemerintah Kabupaten OKI.

Hingga akhirnya Pemerintahan Kabupaten OKI melalui Baznas Kabupaten OKI dapat merealisasikan program bedah rumah tersebut.

Hanya dalam kurun waktu 19 hari, pengerjaan bedah rumah akhirnya dapat rampung, dan rumah yang tadinya tidak layak huni disulap menjadi rumah yang layak huni.

“Alhamdulillah berkat bantuan warga sekitar kita dapat menyelesaikan bedah rumah ini dengan waktu yang cukup singkat. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pengerjaan bedah rumah ini, semoga menjadi amal jariah bagi kita semua,” tuturnya.

Ia juga berharap kedepan di Desa Pulau Gemantung akan dilaksanakan kembali program bedah rumah, karena menurutnya masih banyak rumah warga di desanya yang tidak layak huni yang butuh bantuan pemerintah untuk menjadi rumah layak huni.

Reporter : Firman
Editorial : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *