Pemkab Lebak Akan Segera Bangun Terminal Sunan Kalijaga Tipe C

oleh -91 views
Kondisi Terminal Sunan Kalijaga saat ini

LEBAK, Selasa (27/3/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebak akan segera pembangunan sub terminal Tipe C Sunan Kalijaga yang berada berdekatan dengan Stasiun Kereta Api (KA) Rangkasbitung.

Hal tersebut, selain sebagai upaya penataan juga berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di pusat Kota wilayah tersebut.

“Saat ini pemerintah melalui Badan perencanaan daerah (Bapeda) sedang mengodok rencana pembangunan terminal tipe C Sunan Kalijaga. Nantinya, fungsi terminal akan terintegrasi dengan keberadaan Stasiun KA Rangkasbitung,” kata Kepala bidang Angkutan dan Terminal Dinas perhubungan (Dishub) setempat, Didi Mulyadi, Selasa (27/3/2018).

Menurut mantan Kepala Dalops, pembenahan terminal Sunan Kalijaga sangat diperlukan, karena kondisi terminal saat ini sudah tidak reseventatif. Terlebih keberadaan terminal merupakan bagian dari penyangga pusat pereknomian di Kota Rangkasbitung.

“Terminal Kalijaga akan jadi pusat penyangga perekonomian. Jadi untuk mempersiapkan itu, pemerintah daerah akan membenahi kondisi terminal yang ada sekarang ini,” katanya.

Berdasarkan keputusan Kementrian perhubungan (Kemenhub), kewenangan pengelolaan terminal tipe B yang sebelumnya oleh Kabupaten, beralih kewenangan oleh Dirjen Kemenhub. “Dulu kewenangan pengelolaan terminal Tipe A dan B itu oleh Kabupaten, tapi sekarang oleh Dirjen Kemenhub,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, terminal tipe A menyediakan layanan trayek lebih banyak, yaitu Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Kota (Angkot) dan Angkutan desa (Angdes). Sedangkan untuk terminal tipe B, AKDP, Angkot dan Angdes.

Untuk terminal tipe C, menyediakan layanan Angkot dan Angdes saja. “Tipe A itu terminal Kaduagung atau Mandala, tipe B terminal Bayah. Sedangkan tipe C, Sunan Kalijaga, Aweh dan Curug, dengan jumlah trayek Angkot 11 dan Angdes 45,” ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan dilakukannya pembenahan terminal Sunan Kalijaga, maka dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan sektor perekonomian di Kabupaten Lebak, khususnya di Kota Rangkasbitung.

Apalagi nantinya Lebak akan ditunjang dengan Kota Satelit, sehingga terminal Sunan Kalijaga perlu dipersiapkan untuk menunjang hal itu.
“Jelas sangat berpengaruh bagi peningkatan perekonomian. Karena letak terminal Sunan Kalijaga nantinya jadi sebagai penyangga Kota,” tukasnya.

Reporter : A. Kohar
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *