Pemkab Jember Salurkan Jaslut dan BLU

oleh -229 views
Pejabat Pemkab Jember berfoto bersama usai memberikan bantuan Jaslut dan BLU di balai desa Arjasa. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Sabtu (5/10/2019) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Jember menyalurkan bantuan Jaminan Sosial Lanjut Usia (Jaslut) dan Bantuan Lanjut Usia (BLU) kepada warga berusia 70 tahun ke atas.

Penyaluran Jaslut dan BLU dibagi 4 lokasi yakni lokasi pertama di Balai Desa Jelbuk meliputi daerah penyebaran bantuan Kec. Silo, Ledokombo, Sumberjambe, Mayang, Sukowono dan Jelbuk.

Lokasi kedua di balai desa Paleran meliputi daerah penyebaran bantuan Kec. Puger, Umbulsari, Jenggawah, Jombang dan Gumukmas.

Lokasi ketiga di balai desa Arjasa meliputi daerah penyebaran bantuan Kec. Arjasa, Patrang, Sumbersari dan Panti.

Dan terakhir penyaluran bantuan akan dilakukan home visit ke sejumlah rumah lansia di Kec. Mumbulsari.

Bantuan Jaslut dan BLU berasal dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten.

Bantuan Jaslut dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp. 2.000.000 per tahun, BLU dari Pemerintah Pusat sebesar Rp. 2.400.000 pertahun. Selain itu bantuan juga diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Jember berupa alat kesehatan seperti kursi roda dan alat bantu dengar dan alat bantu jalan, prioritas pengurusan Adminduk serta jaminan kesehatan.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Jember sedang mengusahakan juga untuk bisa memberikan bantuan 10 kilogram beras per bulan kepada seluruh lansia di Kabupaten Jember. Untuk penarima manfaat bantuan Jaslut dan BLU ini total se-Kabupaten Jember ada 1.199 lansia, sementara untuk yang sekarang di Arjasa ini ada 281 orang lansia,” terang Wabup Jember, KH. Muqit Arif usai memberikan bantuan di balai desa Arjasa, Sabtu (5/10).

Wabup Muqit juga meminta peran serta masyarakat untuk menginformasikan kepada pemerintah apabila menemukan lansia yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Marisa

 

Tinggalkan Balasan