Pemkab Abdya Cairkan Santunan Gizi Bayi Dan Kematian

oleh -80 views
Ratusan Masyarakat terlihat berdesakan saat mengambil santunan gizi bayi dan kematian dibadan keuangan Pemkab Abdya

ABDYA ACEH, Kamis (22 Juni 2017) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam beberapa hari terakhir sudah mencairkan santunan gizi  dan santunan kematian  bagi masyarakat di kabupaten setempat.

Pj Kepala Badan Keuangan (BK) Abdya, M.Nizam, SE, MM Melalui Bendahara Pengeluaran, Pembuat Komitkmen Zafrul kepada suaraIndonesia-news.com  mengatakan, anggaran santunan gizi dan kematian bersumber dari APBK  tahun 2017.

“Yang dibayar mulai hari  senin 19/6/2017 proposal yang masuk  pada  bulan  Januari s/d November 2016, dan masyarakat yang meninggal  juga disesuaikan  dengan  proposal yang masuk  pada bulan April s/d September 2015. Berkas mereka sebelumnya telah masuk ke Bagian Kesra Setdakab Abdya,” ucap Zafrul.

Menurutnya, jumlah bayi yang menerima tunjangan sebagaimana yang sudah masuk ke Badan Keuangan (BK) berjumlah 1.000 bayi dengan total anggaran Rp 1 miliar, atau masing-masing Rp 1 juta. Sementara santunan kematian dengan total anggaran Rp 1,5 miliar dengan masing-masing mendapat jumlah yang bervariasi.

“Untuk kepala keluarga yang meninggal mendapatkan Rp 5 juta, istri Rp 4 juta, mertua Rp 3 juta dan anak Rp 2,5 juta,” terangnya.

Dikatakan Zafrul, besarannya sesuai dengan petunjuk teknis dalam Peraturan Bupati Nomor 2 Tahun 2012 tentang Petunjuk Operasional Bantuan kepada Organisasi Kelompok dan Masyarakat atau Santunan Kematian serta Tunjangan Gizi Bayi.

Lebih lanjut Zafrul mengatakan, sistem pembayaran santunan kematian kepada ahli waris dan tunjangan gizi bayi, pihak Badan Keuangan (BK) menyurati penerima melalui camat dan keuchik. Dengan kata lain, pengumuman bagi yang sudah cair juga bisa dilihat di bagian Kesra kantor Bupati Abdya.

“Penyerahan bantuan ini tidak dapat diwakilkan karena bantuan itu kami salurkan langsung pada penerima,” katanya.

Dikatakan Zafrul, tujuan pemberian santunan dimaksud merupakan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Abdya kepada masyarakatnya. Karena ada tradisi kenduri di masyarakat, maka pemerintah dalam hal ini berinisiatif untuk  membantu yang berduka. Sementara, bagi santunan gizi supaya anak-anak Abdya yang lahir bisa mendapatkan gizi tambahan dari pemerintah.

Sementara itu, pencairan dana selanjutnya akan dibuka pada hari senin tanggal 03 bulan Juli 2017 khusus kecamatan blangpidie. Tutur zafrul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *