Pemkab Abdya, Bina Sanggar Seni Formal dan Informal

Panitia saat menggelar pelaksanaan pembinaan sangar seni di Aula komplek pendidikan Korea Susoh.

ABDYA, Jumat (21/12/2018) suraindonesia-newe.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melalui dinas pendidikan dan kebudayaan menggelar kegiatan pembinaan sanggar seni formal dan informal guna meningkatkan seni budaya daerah menuju Abdya yang bermartabat.

Ketua panitia pelaksana, Erlis dalam laporannya mengatakan, pembinaan sanggar seni formal dan informal ini guna menumbuh kembangkan seni budaya daerah baik formal dan informal.

“Ada 10 sanggar seni informal dan 10 sanggar seni non formal yang di tampilkan,” ungkanya.

Sementara itu kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdya, H.Jauhari,S.Pd yang diwakili oleh Kabid Guru dan Ketenagakerjaan, Usmadi, mengapresiasi terhadap pelaksanaan pembinaan sanggar seni yang telah dilakukan oleh sekolah maupun dari lembaga informal yang ada di Abdya.

“Ada beberapa hal yang perlu kita pahami tentang sanggar seni, pertama, untuk menggali minat dan bakat yang dimiliki siswa. Kedua, melestarikan budaya seni yang ada di lingkungan kita agar anak-anak kita tahu dengan budayanya sendiri,” tuturnya.

Pihaknya berharap, melalui even ini dapat menggugah semua kita untuk tahu akar budaya kita sehingga kita faham dengan budaya sendiri.

Selain itu, Usmadi, mempersilahkan kepada tokoh dan para penggiat seni untuk berapresiasi dengan seni, tentunya jangan lupa menanamkan nilai-nilai religius.

“Oleh karena itu setiap musik yang kita tampilkan harus mengandung nilai keagamaan, mora, etika. Ini yang lebih penting sebagai penggiat seni,” pungkasnya.

Reporter : Nazli Md
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here