Panwaslu Abdya, Gelar Seleksi Calon Anggota Panwascam

oleh
Timsel saat memberi arahan dan soal ujian Tes Tulis kepada peserta calon anggota Panwascam di Aula kampus STKIP Abdya. Jumat (17/1/2017).

Aceh Abdya, Jumat (17/11/2017) suaraindonesia-news.com – Panitia pengawas pemilu(Panwaslu) Aceh Barat Daya (Abdya) mengelar tes tulis calon anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam ) se-kabupaten setempat.

Pantauan awak media ini, tes tulis tersebut, telah dimulai pada hari jum’at (17/11/2017) di Aula Kampus STKIP Muhammadiyah Desa Ujung Padang kecamatan Susoh dengan jumlah lebih kurang 247 calon Peserta Panwascam dan 16 anggota tim pansel juga  melibatkan komisioner, staf sekretariatan dan Bawaslu Aceh.

Ketua Panwaslu Abdya Ilman Sahputra,SE,M.Si yang didampinngi sekretaris Haris Firmansyah S,Hi mengatakan, bagi masyarakat yang memenuhi syarat, mengikuti rekrutmen terbuka sejak 1 November s/d 9 November 2017 lalu.

Diterangkan Haris, ke-16 anggota timsel akan menjaring dan menyaring anggota Panwascam di sembilan  kecamatan dalam kabupaten Abdya.

“Timsel ini akan dibagi per ruang, dan akan bekerja sesuai tupoksinya masing-masing,” sebut Haris.

Menurut Haris, timsel akan menjaring dan menyaring enam kandidat calon anggota panwascam  di masing-masing kecamatan, yang kemudian akan diserahkan kepada Bawaslu Aceh.

“Keenam kandidat ini kemudian akan dikerucutkan menjadi tiga orang. Mereka yang direkrut ini akan bekerja untuk Pileg 2019, Pilkada di 9 kecamatan dalam  kabupaten Abdya,” jelasnya.

Dengan begitu, lanjut Haris, timsel harus mendapatkan 54 orang yang nantinya akan menjalani fit and proper test sebelum akhirnya disaring menjadi 27  orang.

“Kita berharap timsel mampu menjaring kandidat anggota panwascam  yang memiliki kapasitas dan integritas yang tinggi serta mumpuni dalam memahami dinamika yang terjadi dalam pileg maupun  pilkada,” tegasnya.

Selain itu, para calon anggota Pasnwascam  itu harus paham undang-undang, termasuk penyelesaian sengketa pemilu yang terjadi di wilayahnya masing-masing.dan ujian tes tulis yang digelar nya ini serentak diseluruh indonesia. (Nazli/Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *