Organisasi World Clean Up Day Bersihkan Lingkungan di Gunungsitoli

Foto bersama saat membersihkan sampah di lingkungan Kota Gunungsitoli.

GUNUNGSITOLI, Minggu (22/9/2019) suaraindonesia-news.com – Organisasi World Clean Up Day libatkan ribuan siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA atau sederajat ikut bersihkan beberapa titik dilingkungan Kota Gunungsitoli, Sabtu (21/9).

Organisasi World Cleanup Day adalah sebuah organisasi yang dinaungi oleh Lets Do It World, yang didirikan bersama para pendiri yang berasal dari seluruh dunia (termasuk indonesia) pada tahun 2014. World cleanup day (WCD) adalah aksi bersih bersih yang dilaksanakan dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. Tahun ini, world cleanup day diselenggarakan pada 21 September 2019 bertepatan dengan hari perdamaian internasional 2019. Maka dari itu, kegiatan WCD tahun ini mengambil tema Cleanup For Peaceful Indonesia.

Menurut Leader, Silvia Decmerry Natalia Gea Pemerintah Kota Gunungsitoli turut berkontribusi pada kegiatan mereka

“Kota gunungsitoli turut berkontribusi pada kegiatan World cleanup day (WCD). Kota Gunungsitoli merupakan salah satu cabang dari WCD Indonesia yang berada di Pulau Nias. Melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, terlebih Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota gusit, Ibu Yarniwati Gulo yang sangat mengapresiasikan kegiatan ini. Beliau bangga, pemuda-pemudi, siswa-siswi SMA mampu berkontribusi dan memberi rasa peduli untuk lingkungan. Ibu KDLH turun langsung ke titik lokasi WCD dan menurunkan beberapa petugas kebersihan untuk turun membantu. DLH juga membantu pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir dan bantuan berupa alat kebersihan,” tutur Silvia Decmerry.

Silvia Decmerry juga menjelaskan bahwa sasaran kegiatan tersebut sudah pasti setiap masyarakat, namun lebih ditekankan pada generasi muda, siswa dan mahasiswa.

“Ini merupakan event WCD pertama di Kota Gunungsitoli,” tuturnya.

Titik lokasi kegiatan world cleanup di Kota Gunungsitoli di sepanjang Luaha Sungai Nou hingga pelabuhan lama kota Gunungsitoli dan masing-masing sekolah juga turut berperan dengan membersihkan lingkungan sekolah masing-masing.

Usai melaksanakan berbagai kegiatan kebersihan di beberapa titik lokasi, WCD Kota Gunungsitoli singgah dibeberapa SMA/SMK/MA atau sederajat untuk mengambil dikumentasi dan mencatat 4.194 siswa/i yang ikut berkontribusi dalam kegiatan cleanup.

Silvia Decmerry Natalia Gea membeberkan nama nama sekolah yang sudah tercatat sebagai relawan.

“Ada beberapa sekolah yang sudah menjadi relawan di sekitar Kota Gunungsitoli, diantaranya : SMA Negeri 1 Gunungsitoli , SMA Negeri 3 Gunungsitoli, Perguruan Pembda Nias, SMA Swasta Santo Xaverius, SMA Negeri Unggulan Sukma Nias,” ucapnya.

Silvia Decmerry mengajak seluruh Kecamatan di Kota Gunungsitoli untuk melakukan bersih bersih dalam waktu dekat.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here