Menteri AHY Beri Penghargaan kepada Empat Pemerintah Daerah di Jambi atas Keringanan BPHTB

oleh -1 views
Foto: Menteri AHY saat memberikan penghargaan.

JAMBI, Rabu (26/06) suaraindonesia-news.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), memberikan penghargaan kepada empat pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Jambi atas kontribusi mereka dalam memberikan keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Acara ini berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur Jambi pada Selasa (25/06/2024).

Penghargaan ini diberikan kepada Bupati Bungo, Bupati Muaro Jambi, Wali Kota Sungai Penuh, dan Wali Kota Jambi.

“Saya mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Bupati Bungo, Bupati Muaro Jambi, dan Wali Kota Sungai Penuh yang menihilkan biaya BPHTB, serta Wali Kota Jambi yang memberikan diskon hingga 75%,” ujar Menteri AHY.

AHY berharap penghargaan ini dapat memotivasi lebih banyak pemerintah daerah untuk memberikan keringanan BPHTB.

Baca Juga: Gebuk Mafia Tanah di Jambi, Menteri AHY Selamatkan Negara dari Potensi Kerugian Rp1,19 Triliun

“Saya berharap untuk kota/kabupaten yang lain yang belum melakukan pengurangan BPHTB, seluruhnya bisa dibicarakan baik-baik dengan DPRD sehingga dapat memudahkan dan membantu masyarakat,” jelasnya.

Keringanan BPHTB sangat membantu masyarakat dan mendorong mereka untuk mendaftarkan tanahnya melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Ketika kita membebaskan atau mengurangi biaya BPHTB, ini sebenarnya mendorong semakin banyak masyarakat yang ingin mendaftarkan tanahnya,” tambah Menteri AHY.

BPHTB merupakan kewajiban bagi calon pemegang Sertifikat Hak Atas Tanah, baik untuk pendaftaran pertama kali maupun atas peralihan hak seperti jual beli, waris, atau hibah. Besarnya BPHTB ditetapkan oleh pemerintah daerah dan merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“PAD juga akan semakin meningkat dengan adanya transaksi pertanahan yang dilakukan oleh masyarakat yang tanahnya telah bersertifikat,” terang AHY.

Gubernur Jambi, Al Haris, dalam sambutannya menyampaikan bahwa keringanan BPHTB akan memudahkan masyarakat dalam mengakses pembuatan sertifikat tanah.

“Kita berharap masyarakat kita di Jambi ini makin mudah mengakses dan mempercepat proses pembuatan sertifikat tanahnya dengan adanya kepastian hukum,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Kementerian ATR/BPN, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, Agustin Iterson Samosir beserta jajaran, serta jajaran Forkopimda Provinsi Jambi dan Bupati/Wali Kota se-Provinsi Jambi.

Reporter: Iran G Hasibuan
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri

Tinggalkan Balasan