Mensos RI Bersama Wabup Deli Serdang Tinjau Lokasi Longsor di Sibolangit

oleh -132 views
Foto : Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini didampingi Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar meninjau ke lokasi yang terdampak bencana alam tanah longsor di Dusun III Desa Rumah Kinangkung Kecamatan Sibolangit, Jum’at (19/11/2021) pagi.(Foto : M. Habil Syah/SI)

DELI SERDANG, Jumat (19/11/2021) suaraindonesia-news.com – Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini meninjau lokasi yang terdampak bencana alam tanah longsor di Dusun III Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang. Jumat (19/11/2021).

Dalam kunjungannya itu terlihat Wakil Bupati Deli Serdang H.M Ali Yusuf Siregar mendampingi Tri Rismaharini.

Selain Wabup Deli Serdang, hadir juga pada tinjauan tersebut, anggota Komisi VIII DPR RI M Husni, Anggota Komisi III DPD RI Dedi Iskandar Batubara, para pimpinan OPD Kabupaten Deli Serdang, Camat Sibolangit Febri Efenetus Gurusinga, SSTP, M.SP, beserta Muspika dan Kepala Desa untuk melihat langsung dampak longsor yang terjadi.

Lokasi kunjungan pertama adalah Dusun 3, Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang.

Di lokasi, Mensos Tri Rismaharini bersama Wakil Bupati Deli Serdang dan rombongan berjalan kaki menuju titik longsor, sambil mendengarkan masukan dan mengamati lokasi kejadian.

Risma mengatakan, melihat kondisi di lokasi, dikhawatirkannya bisa terjadi longsor susulan. Kalau itu terjadi, akses masyarakat bisa terputus. Ada 7 dusun yang rawan terputus aksesnya bila terjadi longsor susulan.

“Jadi solusinya kita akan siapkan tujuh lokasi bufferstock atau lumbung sosial. Gunanya sebagai cadangan makanan mereka kalau seandainya terjadi sesuatu,” kata Risma.

Risma juga menyarankan kepada Wakil Bupati Deli Serdang, HMA Yusuf Siregar, agar melakukan restorasi jalan, karena kondisi jalan sangat riskan, selain itu, hunian warga juga rawan terhadap longsor.

“Kita akan bantu warga untuk direlokasi lahan maupun rumahnya,” terang Risma.

Mensos Risma juga menyerahkan bantuan logistik serta santunan ahli waris dan korban luka akibat longsor di Deli Serdang. Santunan disalurkan kepada ahli waris untuk korban atas nama Rasmiken Boru Ginting sebesar Rp. 15.000.000. Santunan korban luka atas nama Sama Ginting sebesar Rp 5.000.000.

Total nilai santunan yang diberikan Mentri Sosial kepada masyarakat terdampak longsor di sana sebesar Rp 159.967.718.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar berharap, melalui kunjungan Menteri Sosial RI langkah konkret akan segera dilakukan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang pasca bencana longsor yang terjadi di wilayah Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengucapkan terimakasih atas kunjungan, support dan bantuan dari Pemerintah Pusat dalam upaya menanggulangi bencana yang menimpa Kabupaten Deli Serdang, khususnya wilayah Dusun III Desa Rumah Kinangkung Kecamatan Sibolangit,” tutup Wabup.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *