May Day 2023, Wabup Deli Serdang: Momentum Merajut Kebersamaan

oleh -59 views
Foto: Peringatan Hari May Day di Deli Serdang sekaligus halal bihalal di Pendapa P3UD Deli Serdang, Tanjung Morawa. (Foto: M. Habil Syah/SI)

DELI SERDANG, Selasa (09/05/2023)
suaraindonesia-news.com – Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menghadiri Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) sekaligus halal bihalal di Pendapa Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang, Tanjung Morawa.

“Peringatan Hari Buruh Internasional yang kita peringati setiap tanggal 1 Mei, telah diperingati sejak tahun 1920 dan ditetapkan sebagai hari libur nasional mulai tahun 2014. Ini menandakan begitu pentingnya peran buruh di Indonesia,” katanya, saat pidato.

Tahun ini, sambung Wabup, peringatan May Day bertepatan dengan perayaan Idulfitri 1444 Hijriah yang menjadi momentum tepat untuk merajut kebersamaan dan selayaknya diperingati dengan riang gembira, tertib, aman dan harmonis penuh dengan suasana kekeluargaan.

Dijelaskan, peringatan May Day Tahun 2023 yang mengusung tema, “Merajut Kebersamaan antara Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah di Hari yang Fitri” menekankan untuk bersama-sama saling bersinergi dan berinovasi dalam membangun Indonesia, khususnya Kabupaten Deli Serdang.

“Namun untuk mencapai itu semua, perlu adanya kemitraan yang baik antara pemerintah, pengusaha dan buruh, sehingga mendorong tumbuhnya peningkatan kesejahteraan para buruh,” ucap Wabup di acara yang turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Dr H Nusantara Tarigan Silangit, Wakapolresta Deli Serdang, AKBP Agus Sugiyarso, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Morawa, Andi Widya Leksana, perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Deli Serdang, Indra Siregar, Ketua Panitia Pelaksana, Adiono, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Hj. Syahrifah Alwiyah, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Deli Serdang, Citra Effendi Capah, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan perwakilan 48 Serikat Pekerja/Serikat Buruh se-Deli Serdang.

Saat ini, tantangan para buruh yang dihadapi tidak hanya pada ketersediaan lapangan pekerjaan, peningkatan kapasitas buruh juga harus lebih diperhatikan. Mengingat, tantangan ketenagakerjaan di era revolusi semakin berat dan telah membuka peluang terbukanya profesi-profesi baru, terjadi pergeseran jenis pekerjaan, karakter pekerjaan sementara profesi lama sudah mulai tergerus. Oleh karena itu, kekompakan solidaritas dan sinergitas itu harus terus dijaga.

“Saya yakin apabila kita kompak, solid dan bersinergi, maka tantangan itu bisa dilalui bersama-sama. Ini telah dibuktikan di masa sulit tiga tahun terakhir akibat Pandemi Covid-19, banyak terjadi pemecatan hubungan kerja, ekonomi mengalami penurunan. Namun kita mampu untuk melewatinya,” tegas Wabup.

Wabup berharap melalui peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2023 ini, dapat menjadi pilar bagi seluruh buruh untuk mampu bersaing di pasar bebas dengan meningkatkan keterampilan, kompetensi, wawasan dan pengetahuan, sehingga buruh mampu beradaptasi serta bersaing dalam dunia kerja.

Bupati mengajak seluruh elemen buruh di Deli Serdang dan pihak-pihak lainnya untuk terus membangun komunikasi dan sikap saling mengerti antara semua pihak, baik pemerintah, perusahaan dan buruh agar tercipta kedamaian dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Sehingga cita-cita dalam mewujudkan Deli Serdang yang maju, sejahtera dengan masyarakat yang religius dan hidup dalam rukun dalam kebhinekaan dapat terwujud.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Hari Buruh Internasional (May Day) Kabupaten Deli Serdang Tahun 2023, Adiono memberikan apresiasi kepada Forkopimda Deli Serdang, khususnya Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan yang telah memberikan bantuan moril dan materil kepada serikat pekerja/serikat buruh dalam rangka memperjuangkan upah untuk diajukan ke pemerintah pusat untuk menaikkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang Tahun 2023.

“Terbukti, UMK di Kabupaten Deli Serdang naik sebesar 6,63 persen, karena beberapa waktu lalu tidak naik. Dalam kesempatan ini, mewakili pimpinan serikat pekerja/serikat buruh tetap mendukung pemerintah kabupaten untuk program kerja ke depannya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakapolresta Deli Serdang, AKBP Agus Sugiyarso berpesan agar Peringatan May Day juga dapat dijadikan sebagai momentum bersama, baik serikat pekerja/serikat buruh, pengusaha, dan pemerintah untuk mewujudkan ekosistem ketenagakerjaan yang fleksibel.

Selain itu, Wakapolresta Deli Serdang mengimbau semua pihak untuk bisa bergandeng tangan dan bersinergi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Di samping itu, hal yang perlu disadari bersama adalah serikat buruh/serikat pekerja merupakan bagian dari masyarakat yang perlu bangkit dan bersatu dalam membangun dan menumbuh kembangkan sikap profesionalisme untuk meningkatkan kesejahteraan buruh/pekerja dalam kerangka membangun bangsa dan negara Indonesia yang berdaulat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Dr H Nusantara Tarigan Silangit mengatakan DPRD Deli Serdang menegaskan Peringatan Hari Buruh Internasional yang diperingati kali ini membuktikan Kabupaten Deli Serdang sangat menghargai setiap keringat yang dikeluarkan para buruh/pekerja.

“Hari buruh atau juga dikenal dengan sebutan May Day, dirayakan untuk meningkatkan kesadaran dan mendidik masyarakat tentang pentingnya hak-hak pekerja. Dan kita juga tidak lupa untuk mengenang perjuangan para pekerja di seluruh dunia untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan mereka. Untuk Kabupaten Deli Serdang, buruh merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kemajuan dan perkembangan industri serta ekonomi kabupaten Deli Serdang,” tegas Nusantara.

Reporter: M. Habil Syah
Editor: Wakid Maulana
Publisher: Nurul Anam

Tinggalkan Balasan