Masa Perpanjangan Waktu, Dua Parpol Baru Daftar Ke KPU Kota Batu

Rochani Ketua KPU Kota Batu. (Foto: Adi/SI)

KOTA BATU, Rabu (18/10/2017) suaraindonesia-new.com – Setelah dilakukan perpanjangan waktu satu kali 24 Jam masa pendaftaran peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mencatat ada dua partai politik baru yang telah mendaftarnya yakni Partai Republik dan Partai Indonesia Kerja (PIKA).

Dua Parpol itu telah mendaftar untuk menjadi peserta Pemilu 2019. Sedangkan di masa waktu pendaftaran parpol hingga , Senin 16 Oktober 2017 lalu , KPU kota Batu mencatat ada 16 Parpol baru dan lama, dan kini setelah dilakukan perpanjangan waktu terdapat 18 Parpol.

Menurut Rochani Ketua KPU Kota Batu dengan dilakukan masa perpanjangan waktu, sampai dengan berakhirnya batas waktu penyerahan dokumen keanggotaan Partai di tingkat Kota Batu terdapat 18 Partai Politik dan mereka telah menerima tanda terima.

“Perpanjangan waktu yang dilakukan oleh KPU, karena untuk Memenuhi Surat KPU RI Nomor 858/PL.01.1-SD/03/KPU/X/2017 tanggal 16 Oktober 2017, Perihal Pendaftaran Akhir Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019,” Kata Rochani saat ditemui, Rabu (18/10/2018).

Dalam perpanjangan itu, kata dia terdapat dua Partai Politik di Tingkat kota Batu yang melengkapi dokumen Daftar Nama Anggota disertai Salinan KTA dan KTP-el/ Surat Keterangan dalam waktu 1 x 24 Jam sejak akhir masa pendaftaran.

Dua Parpol yang telah mendaftar ke KPU kota Batu, lanjutnya telah memenuhi persyaratan, dan mereka telah menyerahkan daftar nama dan alamat keanggotaan partai politik beserta salinan KTP dan KTA.

“Mereka memenuhi syarat jumlah keanggotaan minimal sebagaimana yang diatur dalam peraturan KPU tahun 2017, paling sedikit 1/1000 dari jumlah penduduk di Kota Batu, yaitu : Partai Republik melampirkan 214 dan PIKA melampirkan 2015 KTP/KTA,” jelasnya

Sampai dengan ditutupnya pendaftaran Parpol peserta Pemilu hingga pukul 24.00 WIB kemarin atau 17 Oktober 2017, sebelumnya 16 Parpol kini menjadi 18 Parpol.

Dari 18 Parpol yang telah mendaftar ke KPU terdapat 12 Parpol lama peserta pemilu 2014 dan terdapat 6 Parpol baru Menurutnya, Partai politik baru yang mendaftar di KPU kota Batu itu adalah Perindo, Partai Berkarya, PSI, Partai Garuda, PIKA dan Partai Republik.

Selanjutnya 18 Parpol itu yang telah mendapat tanda terima tersebut akan melanjutkan ke tahapan penelitian administrasi dalam 30 hari ke depan.

“Selanjutnya dalm waktu 30 hari ke depan KPU kota batu akan melakukan penelitian administrasi, beberapa parameter yang akan diteliti yaitu meliputi kegandaan, baik ganda di internal Parpol maupun diluar Parpol,” jelasnya.

Kemudian terkait dengan syarat usia dan keanggotaan, ungkap dia, harus memehui syarat usia minimal 17 tahun, kemudian terkait susunan kepengegurusan di tingkat kota harus ada ketua, bendahara dan sekretaris (adi Wiyono)
Berikut 18 Parpol yang mendaftar ke KPU sebagai calon peserta pemilu 2019:

1. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
2. Partai Solidaritas Indonesia (PSI),
3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
4. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
5. Partai NasDem
6. Partai Berkarya
7. Partai Amanat Nasional (PAN)
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
9. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
11. Partai Golongan Karya (Golkar)
12 Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)
13. Partai PBB
14. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
15. Partai Demokrat
16. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
17. Partai Republik
18. Partai Indonesia Kerja (PIKA). (Adi Wiyono)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here