Majelis Ta’lim Kun Anta Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

oleh -367 views
Para jemaah sedang menyimak tausiah oleh Ustadz H. Sartono di Musholla Kun Anta, RT 68 Kel. Batu Ampar, Balikpapan Utara.

BALIKPAPAN, Senin (2/10/2020) suaraindonesia-news.com – Dimasa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Majelis Ta’lim Kun Anta menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah tahun 2020. Acara tersebut digelar di Musholla Kun Anta RT 68 Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Minggu, (1/11) malam.

Tampak ratusan jamaah hadir dalam acara tersebut, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, jamaah wajib pakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Acara di awali dengan pembacaan ayat suci Al-quran. Kemudian dilanjutkan dengan tausiah oleh Ustadz H. Sartono yang juga Kepala Departemen Agama Kota Balikpapan.

Ketua Majelis Ta’lim Kun Anta yang juga Ketua RT 68 Kelurahan Batu Ampar, Sugiarti, mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini dilaksanakan perdana di Musholla Kun Anta, usai dibangun sejak sebulan yang lalu yang merupakan hasil dari swadaya masyarakat dilingkungannya.

“Alhamdulillah, dengan kekompakan warga dilingkungan kami, yang telah berpartisipasi dan kerja sama antar panitia, sehingga pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan perdana di Musholla Kun Anta ini bisa terlaksana dengan lancar,” kata Sugiarti kepada suaraindonesia-news.com usai acara digelar.

Disampaikannya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan keistimewaan tersendiri bagi umat islam, bahkan diberbagai belahan dunia merayakannya. Hal tersebut untuk mengingat kembali perjuangan dan suri tauladan yang dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW terhadap umat islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Acara rutin ini akan terus kita pertahankan, sebagai bentuk kecintaan kita kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Dengan perayaan Maulid ini kita banyak mendapatkan hikmah terutama dalam membangun akhlaq yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Musholla yang baru saja dibangun tersebut, kata Sugiarti, kedepannya juga akan dijadikan wadah sebagai tempat silaturahmi antar umat melalui kegiatan-kegiatan keagamaan.

“Selain untuk ibadah sholat lima waktu, kedepannya Musholla yang kita bangun dengan swadaya ini juga akan dijadikan sebagai wadah berkumpulnya warga, tentunya melalui kegiatan keagamaan,” ujarnya.

Sugiarti menambahkan, Musholla Kun Anta juga akan dijadikan sebagai Taman Pendidikan Al-quran bagi anak-anak usia dini, pihaknya akan menyiapkan tenaga pengajar dengan swadaya atau gratis.

“Insyaallah nanti kita akan jadikan Taman Pendidikan Al-quran bagi anak-anak usia dini secara gratis, kita akan merekrut anak-anak untuk bisa membaca dan memahami dasar-dasar Al-quran, kita akan menjadikan anak-anak agar bisa menjadi qori’ dan qori’ah. Kebetulan warga kita juga banyak yang Ustadz, jadi ilmunya mereka nanti bisa diturunkan kepada anak-anak untuk menjadikan qori’ dan qori’ah,” imbuhnya.

“Anggarannya kita akan lakukan secara swadaya, karena memang kita dari awal berasal dari swadaya. Mulai sejak pembangunan Musholla hingga peruntukannya dalam setiap kegiatan apapun kedepan tetap akan kita lakukan secara swadaya untuk kepentingan umat. Insaallah semuanya bisa berjalan,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua LPM Kelurahan Batu Ampar, perwakilan dari Kantor Kelurahan Batu Ampar, Babinsa, Ketua Pemuda Muslimin, dan Duta Masker Balikpapan Kasmadi.

Reporter : Fauzi
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *