LPM Jember Siap Bersinergi dengan Bumdes Sidodadi

oleh -41 views
Peresmian Rest Area Kembang Jati, Desa Sidodadi. (Foto: Istimewa).

JEMBER, Kamis (31/12/2020) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Desa Sidodadi Kec. Tempurejo Kab. Jember resmi membuka destinasi wisata alam yang diberi nama Rest Area Kembang Jati, Kamis (31/12). Destinasi wisata alam ini merupakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa setempat.

Direktur Bumdes Suka Makmur Desa Sidodadi, Hadi Sucipto mengatakan, pembuatan destinasi wisata alam ini merupakan hasil kerjasama Kelompok Tani bersama Perhutani Jember.

“Iya satu hal sebenarnya terkait adanya regulasi Permendag Nomor 13 Tahun 2020, apalagi status Desa Sidodadi yang berdekatan dengan Kawasan Hutan Bantuan Desa (KHBD) yang sudah dikerjasamakan antara Perum Perhutani Jember dengan Gabungan Kelompok Hutan Sidodadi dengan pola kemitraan,” ungkap Hadi.

Ditempat yang sama, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kalimayang Jeri Zarkasi mengatakan, pihaknya ambil bagian dengan membangun lapak pujasera sebagai pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian desa, dimana mayoritas profesi masyarakat setempat adalah petani.

“Rest Area Kembang Jati juga ada lapak-lapak yang dibangun oleh teman-teman pokdarwis, berfungsi untuk memberdayakan masyarakat supaya ada peningkatan roda perekonomian masyarakat Desa Sidodadi dan rata-rata profesi masyarakat di sini sebagai petani,” katanya.

Ketua Plt. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Jember Indi Naidha berkesempatan menghadiri acara peresmian wahana wisata alam Rest Area Kembang Jati tersebut.

Indi menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi atas kemandirian sebuah desa  di tengah terpuruknya perekonomian nasional.

“Saya sangat mengapresiasi atas kemandirian desa dalam upaya peningkatan pendapatan desa dan kesejahteraan warga,” ujar Indi.

Tak hanya itu, Indi juga mengatakan bahwa LPM Jember yang dipimpinnya siap bermitra dengan pemerintah desa setempat.

“Ini perlu sinergi aktif antara pemerintahan desa dgn LPM Desa karena memang dalam UU No. 6 tahun 2014, LPM adalah mitra Pemerintahan Desa dan LPM siap melaksanakan fungsinya sebagai wadah aspirasi masyarakat dalam membantu pemerintahan desa,” pungkasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *