LPJ Tahap I Baru 60 Persen Siap, DD Tahap II Abdya Lambat

Plt Kepala Dinas Badan Keuangan kabupaten  (BKK) Abdya, M. Nizam, SE, MM.

ACEH abdya, Jumat (3/11/2017) Suaraindonesia-news.com – Keterlambatan pencairan Dana Desa (DD) tahap II di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dikarenakan laporan penanggungjawaban (LPJ) kegiatan yang dilaporkan oleh para kepala Desa kepada DPMP4K Abdya masih 60 persen.

Hal tersebut dikatakan plt Kepala Dinas Badan Keuangan kabupaten  (BKK) Abdya, M Nizam,SE,MM menjawab awak media ini. Menurutnya, seharusnya para kepala desa itu telah menyelesaikan LPJ nya rata-rata selesai pelaksanaan program pembangunan yang menggunakan anggaran tahap I.

“Jauh hari kita sudah ingatkan akan hal ini, jika LPJ nya tidak tepat waktu maka kita pun akan sulit melakukan input data-data itu,” tegasnya.

Sejauh ini, lanjut Nizam, pihaknya baru berhasil menginput laporan desa itu sebanyak 60 persen yang diakibatkan berbagai kendala, mulai dari LPJ dari kepala desa, juga jaringan internet sangat lambat.

“Kita menginput data itu ke  KPPN dengan menggunakan aplikasi, kalau jaringanya lelet maka akan sangat sulit bagi kita menginputnya, data yang kita input sebanyak 152 desa,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Nizam menyebutkan, jika input data laporan sudah mencapai 80 persen ke KPPN, maka pencairan dana tahap II dipastikan sudah bisa dicairkan.

“Laporan kita ke KPPN terus kita lakukan,dengan harapan dana tahap II segera dapat kita cairkan,” sebutnya.

Disebutkan Nizam, terlambatnya pencairan dana tahap II itu sebenarnya bukan di Abdya saja, melainkan hampir merata di seluruh Aceh, dikarenakan semenjak penggunaan aplikasi OM SPAN (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara) yang terkesan sangat sulit bila jaringan tidak stabil.(Nazli/Jie).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here