Lopis Setinggi Dua Meter Meriahkan Syawalan di Krapyak Kota Pekalongan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (diatas panggung) setelah memotong lopis raksasa di Krapyak Lor Gang 8 Kota Pekalongan, Rabu (12/6/2019).

PEKALONGAN, Rabu (12/6/2019) suaraindonesia-news.com – Tidak hanya balon udara, kemeriahan syawalan di Kota Pekalongan juga dihiasi dengan hadirnya lopis raksasa di Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Tahun ini, Krapyak Lor Gang 8, Kota Pekalongan membuat lopis setinggi dua meter atau 200 sentimeter, berdiameter 250 sentimeter dengan berat 1.600 kilogram. Lopis raksasa itu kemudian diletakkan di depan TPQ Miftahul Ulum setempat.

Lopis raksasa tersebut jumlahnya tidak hanya satu, tapi dua. Lopis kedua sendiri berukuran dua meter atau 200 sentimeter, dan berdiameter 83 sentimeter. Beratnya mencapai satu ton lebih dan diletakkan ditempat terpisah, yaitu di Gang 1.

Panitia syawalan, Ahmad Timbul mengatakan, untuk membuat dua lopis raksasa itu membutuhkan 10 kuintal beras ketan. Proses memasaknya butuh waktu selama tiga hari. Setelah ditumbuk dan dimasukkan ke dandang raksasa, lopis dimasak setiap pukul 06.00-16.00 WIB.

Agar bentuk lopis mirip bedug tidak berubah, maka lopis dikemas daun pisang dan potongan bambu kemudian diikat.

“Dua lopis raksasa itu kami berikan ke warga Krapyak atau siapapun yang datang kesini. Biasanya mengharap keberkahan,” tuturnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menyempatkan hadir mengaku bingung, bagaimana cara menghabiskan lopis sebesar itu.

“Sing mangan piye. Rasanya enak apalagi dicocol pakai parutan kelapa,” katanya.

Dua lopis raksasa terbuat dari beras ketan ini mempunyai filosofis yang mendalam. Menurut Ganjar, lopis raksasa mengajarkan tentang konsep sedekah, kegotongroyongan, keakraban, dan keguyuban.

“Ini kreatif sekali, bisa menarik wisatawan mancanegara. Indonesia bisa mencontoh kegiatan ini,” pungkas Ganjar.

Reporter : Arsyad
Editor : Amin
Publisher : Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here