Lebaran Ketupat, Masyarakat Dihibur Parade Daol Sampang

oleh -51 views
FOTO : Parade Daol Sampang selama 2 hari akan diberangkatkan langsung oleh Pj Bupati Sampang, dengan Star dari Alun Alun Trunojoyo dan finis di depan rumah dinas Wakil Bupati Sampang, Jl Trunojoyo Sampang. (FT/Nor/SI)

SAMPANG, Rabu (17/4/2024) suaraindonesia-news.com – Lebaran ketupat bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Madura, sangatlah menarik dan hidmat. Pada hari ke 7 hari raya Idul Fitri tersebut, dirayakan dengan memasak ketupat sebagai perayaannya yang disajikan dengan berbagai kuliner seperti soto, kaldu atau opor.

Demikian pula dengan pemerintah daerah, seperti tahun-tahun sebelumnya pada lebaran Ketupat ini, Pemkab Sampang menggelar acara hiburan rakyat melalui Parade Daol Sampang 2024. Parade tersebut berlangsung dua hari yaitu Rabu malam (17/4) dan Kamis malam (18/4), bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sampang.

Star Parade Daol Sampang 2024 dari Alun Alun Trunojoyo Sampang dan finis di depan rumah dinas Wakil Bupati Sampang Jl Trunojoyo. Wafi Anas selaku penasehat Panpel kegiatan menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk melestarikan kesenian atau musik tradisional Madura. Memeriahkan suasana lebaran Ketupat serta memberikan hiburan pada masyarakat Sampang.

Masih menurut Wafi Anas yang juga sekretaris KNPI Sampang, kegiatan yang bertajuk “Harmoni Dalam Budaya” dilaksanakan dua hari dan terbagi dalam dua jenis kegiatan yaitu, Daol Combo dan Daol Dug dug.

Baca juga: Ruslan Disambut Baik Tokoh Masyarakat serta Keluarga di Orobua

“Untuk Parade Daol Combo pada Rabu malam (17/4) dan Daol Dug dug pada Kamis malam (18/4), dengan Star dari Alun Alun Trunojoyo Sampang dan Finis di Jl Trunojoyo depan rumah dinas Wakil Bupati Sampang,” ujarnya.

Sekedar diketahui, peserta Daol Combo pada Rabu malam ini (17/4) ada 24 yaitu, Guest Star KBS KNPI, Putra Muda Speed, Remaja Putra Suhadak, Dualas Bersatu, Putra Kor Bukor, Putra Amigotz, Mutiara Barokah Sejahtera (MBS), Kamoneng, Putra Glisgis, Plakaran Timur, Mokong Jaya, Carera 96, Mangku Jaya 18, Adela 13, Plakaran Jaya, Gempa, Tajung Jaya, Remaja Mangkubumi, Garuda Jaya, Kacong Nambhegen, Putra Semah, Putra Rabasan, Gulbung, PH Kamboja, Putra Panglima dan Kerinci Bangkit.

Sedangkan Peserta Daol Dug dug pada Kamis malam (18/4), ada 23 yaitu Guest Star PRO KNPI, Putra Wilis (H Rahmad HD), Cong Longor (Munir Jaya), Dharma Langit (Bagus Wahyudi), GBS Crew (Anam Bareso), Kajuk Reborn (Mamang), JR Group (Ruslan Abdul Ghani), Kelabang Hitam (Ainul Yaqin), Seruni Reborn (Eko Septian), Mataresna 4444 (Kl Pekalongan), Lanceng Torajeh (Moh Tosin), Putra Branjangan (Rohman Jena), Ikamaru Percussion (Asyar Rizal), Mahapatih (Bapak Zainul), Putra Regal (Bapak Anas), Rajawali Sakti (H Min), PH Kamboja (Angga), Radhical (Bapak Sodiq), Lancenk Pejjungan (Moh Ridho), Lancenk Jhuklanteng (H Syamsul Arifin), Lancenk Semeru (Sugeng Albatros), Raden Pengobar (Imam Arifin) dan Tak Kendur (H Syarifudin).

“Parade Daol Sampang akan diberangkatkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Sampang Rudi Arifiyanto,” pungkasnya.

Reporter: Nora
Editor: Amin
Publisher: Eka Putri