Lancarkan Programnya, Tajemtra Jadi Ajang Promosi BPJS Kesehatan

oleh -16 views
Kaos ajang promosi BPJS Kesehatan dipakai komunitas difabel

LUMAJANG, Rabu (19/9/2018) suaraindonesia-news.com – Bagi Badan Pemyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Jember, sosialisasi dan promosi adalah hal terpenting dalam melancarkan program-programnya.

Salah satunya, dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, Tanya Rahayu, pihaknya gencar melakukan sosialisasi terkait Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), pada acara Gerak Jalan Tanggul Jember Tradisional (Tajemtra), seminggu lalu.

“Acara ini merupakan kegiatan gerak jalan tradisional yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember setiap tahunnya dengan jarak tempuh rute 35 kilometer, setiap tahunnya, yang melibatkan ribuan peserta dari berbagai kalangan lapisan masyarakat mulai dari Instansi Pemerintah, Non Pemerintah/ Swasta, perseorangan dan juga komunitas yang ada di Kabupaten Jember, ini yang menjadi sasaran sosialisasinya,” katanya kepada media, Rabu (19/9) pagi.

Salah satunya, diungkapkan Tanya, bahwa waktu itu pihak BPJS Kesehatan memberikan dukungan promosi untuk komunitas difabel yang mengikuti kegiatan Tajemtra 2018 pada waktu itu.

“Waktu itu, terlihat komunitas difabel berjalan, mereka pun nampak kompak menggunakan kaos pengingat bayar iuran JKN-KIS tiap bulan,” ungkapnya.

Tanya mengucapkan terima kasih kepada komunitas difabel yang telah mengkampanyekan JKN-KIS, khususnya terkait sadar bayar iuran tiap bulannya dengan memakai kaos tersebut.

Tanya menambahkan bahwa dengan adanya kaos pengingat bayar iuran dipakai kaum difabel, peserta yang hadir juga ikut membaca.

“Ini sebagai salah satu inovasi BPJS Kesehatan dalam memberikan sosialisasi terkait informasi pembayaran iuran peserta JKN-KIS. Selain kepada komunitas difabel, BPJS Kesehatan Cabang Jember sebelumnya juga telah membagikan kaos pengingat iuran ini kepada tukang becak dan penjual sayur keliling,” paparnya lagi.

Ini menurut Tanya, adalah media informasi baru, saat peserta JKN yang pada saat membaca informasi dari kaos tersebut lupa belum melakukan pembayaran iuran peserta JKN-KIS, maka diharapkan mereka akan segera melakukan pembayaran iuran. Jangan sampai saat akan digunakan ternyata kartunya tidak aktif.

Tanya juga menjelaskan bahwa pembayaran iuran JKN-KIS ini dapat dilakukan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Pembayaran iuran dapat dilakukan di kanal-kanal pembayaran yang saat ini sudah diperluas yaitu melalui bank mitra BPJS Kesehatan BNI, BRI, Mandiri, BTN, Alfamart, Indomart dapat juga melalui Kader JKN yang ada daerah masing-masing.

Sementara itu, sewaktu acara Tajemtra lalu, terlihat Amar Abdullah salah satu penyangdang difabel menggunakan kursi roda dibantu dorong oleh salah satu Komunitas Runner Jember juga menggunakan kaos pengingat iuran, dengan penuh semangat menyelesaikan gerak jalan 35 kilometer ini sampai ke garis finish Alun-Alun Jember.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Amin
Publiser : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *