Kudam XII/Tanjungpura Gelar Sosialisasi Juklak Kebijakan Akuntansi dan Kapwabku

oleh -136 views
Foto: Asrendam XII/Tanjungpura, Dino Martino, saat membuka kegiatan Sosialisasi Juklak Kebijakan Akuntansi dan Kapwabku yang bekerjasama dengan Puslapbinkuhan Kemhan RI.

KUBU RAYA, Kamis (25/08/2022)
suaraindonesia-news.com – Keuangan Kodam (Kudam) XII/Tanjungpura menggelar Sosialisasi Juklak Kebijakan Akuntansi dan Kapwabku sebagai penyelesaian normalisasi dan tutup periode laporan keuangan tahun 2022.

Acara tersebut bertempat di Aula Makudam XII/Tanjungpura. Dimana, tujuan acara itu sendiri guna mewujudkan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel khusus di Kudam XII/Tanjungpura bekerjasama dengan Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan (Puslapbinkuhan) Kemhan RI.

Sosialisasi juklak Kebijakan Akuntansi, dan Kapwabku tersebut dibuka secara resmi oleh Asrendam XII/Tanjungpura, Kolonel Kav Dino Martino dan dihadiri oleh Kakudam XII/Tanjungpura.

Sosialisasi ini juga diikuti oleh para pejabat pengelola keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI yang ada di Kalimantan Barat. Sementara materi sosialisasi disampaikan oleh Tim Puslapbinkuhan Kemhan RI yang dipimpin oleh Kolonel laut (S) Arwinto Arsan.

Asrendam XII/Tanjungpura, Kolonel Kav Dino Martino mengatakan, untuk mewujudkan TNI yang profesional, adaptif dan militan, maka setiap komponen harus terus meningkatkan kinerja dan profesionalismenya.

Disamping itu, keuangan angkatan darat, laut dan udara sebagai bagian integral dari TNI yang merupakan satuan bantuan administrasi dan berperan sebagai penyelenggara dalam pengurusan Keuangan Negara di lingkungan Kemhan dan TNI.

Pihaknya juga mengungkapkan, tantangan tugas semakin kompleks dan berbasis teknologi, diharapkan personel keuangan selalu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta SDM, dengan cara, mempelajari dan menguasai aturan-aturan bidang keuangan, personel keuangan harus update, adaptif dan patuh terhadap peraturan yang berkembang saat ini untuk pengelolaan keuangan negara yang tertib, transparan dan akuntabel.

“Serta menguasai dan memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan akuntansi dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan pemerintah yang dilaksanakan melalui Sistem Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan melaksanakan aturan dari Juklak Kapuslapbinkuhan Kemhan RI,” kata Asrendam XII/Tanjungpura saat membuka kegiatan, Kamis (25/08).

Sedangkan Ketua Tim Sosialisasi, Kolonel Laut (S) Arwinto Arsan saat membacakan sambutan Kapuslapbinkuhan Kemhan RI mengatakan, pada kesempatan tersebut akan dilaksanakan sosialisasi Juklak.

Hal itu mengacu pada Kapuslapbinkuhan Kemhan Nomor: Juklak/29/III/2022 tentang Standardisasi Kelengkapan Pertanggungjawaban Keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI dan Juklak Kapuslapbinkuhan Kemhan Nomor: Juklak/30/IV/2022 tentang Kebijakan Akuntansi di lingkungan Kemhan dan TNI.

“Kebijakan Akuntansi dan Kapwabku sangat diperlukan untuk memberikan kepastian pengaturan penyelenggaraan akuntansi dan pelaporan keuangan yang berdasarkan prinsip-prinsip, dasar, konvensi, aturan-aturan, serta praktek-praktek spesifik yang dipilih dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI,” terangnya.

Reporter : Agus M
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan