KPU Minta Masyarakat Kenali 5 Lembar Surat Suara

LUMAJANG, Selasa (29/1/2019) suaraindonesia-news.com – Masih ada 78 hari lagi menuju Pemilihan Umum (Pemilu) Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres Cawapres), Calon Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota dan Propinsi dan Calon Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang, meminta kepada masyarakat untuk kenali contoh surat suaranya.

Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Siti Mudawiyah, kepada media ini mengatakan jika pihaknya telah berkali-kali melakukan sosialisasi terkait contoh surat suara yang nantinya akan di coblos oleh pemilih.

“Jadilah pemilih yang berdaulat, agar negara ini menjadi kuat,” katanya kepada media ini.

Dikatakan pula oleh Mudawiyah, bahwa ada 5 warna surat suara yang nantinya harus dipilih dan dicoblos. Diantaranya ada warna abu-abu yaitu untuk memilih Capres dan Cawapres.

“Ada juga warna kuning, yaitu untuk memilih Calon Anggota DPR RI, merah adalah memilih Calon DPD Jawa Timur, biru untuk memilih Calon DPRD Propinsi Jawa Timur dan hijau untuk memilih Calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota,” terangnya.

Sekali lagi, kata Mudawiyah, masyarakat harus bisa mengenali kelima surat suara yang akan di oblos pada hari Selasa (9/4) mendatang.

Sementara itu, menurut Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, M Ridho Mujib menjelaskan sosialisasi juga dilakukan melalui relawan demokrasi yang pertengahan Januari lalu, sudah dibentuk KPU Lumajang.

“Kami sudah membentuk relawan demokrasi sebanyak 55 orang yang terbagi dalam 10 basis pemilih. Mereka ini yang membantu kami dalam hal sosialisasi,” jelas Edo, panggilan akrabnya.

Edo menambahkan jika sosialisasi yang telah dilakukan oleh pihaknya antara lain mulai basis pemilih pemula, pemilih muda, marjinal, disabilitas, berkebutuhan khusus, keagamaan, perempuan, netizen, komunitas, keluarga.

“Sosialisasi akan terus dilakukan oleh semua penyelenggara pemilu di Kabupaten Lumajang hingga 17 April 2019 nanti,” pungkas Edo.

Reporter : Fuad
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here