KPU Kabupaten Nias Adakan Gerak Jalan Sadar Pilkada

oleh -42 views
Gerak Jalan Sadar Pilkada

NIAS, Minggu (29 Oktober 2017) suaraindonesia-news.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias adakan Gerak Jalan Sadar Pilkada yang dilaksanakan di Pusat Kota Kabupaten Nias tepatnya halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Nias, Kecamatan Gido, Minggu (29/10).

Acara yang di mulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya itu di hadiri sekitar 500 orang dari beberapa kalangan yang berbeda seperti kelompok berbasis agama, organisasi perempuan, pemilih muda, pemilih pemula dari kalangan pelajar, awak media, Apdesi, partai politik, Bupati Nias, Forkopimda Kabupaten Nias, Ketua Panwaslu, Camat Gido, pimpinan partai politik dan Komisioner KPU.

Dalam sambutannya yang sekaligus peresmian gerak jalan sadar pilkada, Ketua KPU Kabupaten Nias, Abineri Gulo, S.Th mengatakan bahwa kegiatan ini adalah merupakan pijakan awal untuk membangun Gerakan Sadar Pemilu (GSP) secara berkelanjutan.

“Pemilihan serentak 2018 merupakan pemilihan serentak gelombang ke-3 setelah dimulainya pemilihan serentak tahun 2015. Terdapat 171 daerah yang akan mengikuti pemilihan serentak tahun 2018, terdiri dari 17 Provinsi (salah satunya Provinsi Sumatera Utara), 39 Kota dan 115 Kabupaten.

Karena penyelenggaraan Pemilihan Serentak Tahun 2018 beriringan dengan Pemilu 2019, maka kata Abineri Gulo, tak dapat dipungkiri suhu politik akan lebih hangat dibanding pemilihan serentak pada tahun 2015 dan tahun 2017.

“Pada kondisi ini para penyelenggara pemilu dituntut haruslah dapat memberikan pelayanan prima dan profesional kepada pemilih dan semua stakeholders,” tutur¬†Abineri Gulo.

Lanjutnya, gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018 yang kita gelar hari ini bukan agenda sesaat, dan seremonial belaka. Ini merupakan pijakan awal untuk membangun Gerakan Sadar Pemilu (GSP) secara berkelanjutan. Kita menginginkan semua elemen masyarakat bersinergi, berkolaborasi dan bergerak bersama untuk menyadarkan publik bahwa Pemilu/Pemilihan sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat adalah sesuatu yang penting bagi kehidupan mereka.

“Tugas kita bersama menyadarkan publik bahwa pilihan mereka dibilik suara yang hanya 5 menit akan mempengaruhi kebijakan politik di daerah kita lima tahun kedepan,” ajak Abineri Gulo.

Diakhir arahannya, Ketua KPU mengaja para peserta gerak jalan menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggungjawab.

“Sudah saatnya kita menggunakan hak pilih kita dengan penuh tanggungjawab. Ingat, jangan Golput ada alarm, mari kita gunakan hak pilih kita dengan penuh tanggungjawab pada PILGUBSU Rabu, 27 Juni 2018,” ujarnya.

Sebum meninggalkan podium, Ketua KPU meresmikan acara gerak jalan tersebut.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli dalam sambutannya mengatakan pemilu adalah agenda demokrasi yang dilaksanakan selamat 5 tahun sekali.

“Pemilu adalah agenda demokrasi yang dilaksanakan selama 5 tahun sekali untuk memilih kepala Daerah Kabupaten/Kota atau Gubernur dan Presiden serta DPR RI atau DPRD, untuk itu melalui kegiatan yang dilaksanakan hari ini, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Nias mengapresiasi KPU Kabupaten Nias sebagai penyelenggara gerak jalan sadar pilkada karena ini adalah salah satu cara dalam penyampaian informasi tahapan pilkada kepada masyarakat,” tutur Bupati Nias dari partai demokrat Itu

Setelah sambutan Bupati Nias, Bupati dan Ketua KPU serta ratusan perserta lainnya langsung melakuan gerak jalan sejauh kurang lebih 3 km seputaran ibu Kota Kabupaten Nias itu. (T2g/Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *