Koordinator Komnasdik Lumajang, H Mul : Tujuan Pendidikan Adalah Kembangkan Potensi

LUMAJANG, Rabu (4/9/2019) suaraindonesia-news.com – Pendidikan ditekankan bukanlah sebagai produk tapi proses. Dan ini menurut Koordinator Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Kabupaten Lumajang, H Mulyadi S.Sos, mengatakan bahwa tujuan dari pendidikan adalah mengembangkan potensi.

Potensi yang dikembangkan, kata H Mul, panggilan akrabnya, adalah potensi spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan masyarakat, bangsa, dan negara.

“Tidak akan ada korupsi, jika hal itu semua diperhatikan dan dipraktikan dengan baik, dan pendidikan karakter harus dilakukan sedini mungkin agar anak-anak mengerti dan peduli nilai-nilai yang baik dan benar,” kata praktisi pendidikan asal Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, Jatim.

Pendidikan karakter terkait dengan korupsi dapat diselesaikan tanpa dengan membuat mata pelajaran antikorupsi dalam kurikulum lembaga pendidikan,” ungkap penggiat Anti Narkoba ini.

Ia menyatakan dengan tegas, bahwa pendidikan antikorupsi bisa diselipkan dalam proses pendidikan, tanpa harus membuat mata pelajaran antikorupsi. Karena, moral antikorupsi sifatnya tidak terukur dan pendidikan karakter antikorupsi tidak bisa instan.

“Kami sangat menyayangkan dengan rusaknya sistem regulasi yang justru membentuk kultur masyarakat hingga muncul perilaku-perilaku koruptif. Untuk itu, integritas pendidikan menjadi tugas penting bagi guru dan dosen,” paparnya lagi.

H Mul, juga berharap pada sistem pendidikan di Kabupaten Lumajang dapat mengimplementasikan pendidikan karakter untuk membangun generasi penerus bangsa yang jujur. Ia pun optimistis dengan masa depan anak muda di Kabupaten Lumajang yang bebas korupsi.

Pendidikan antikorupsi, menurut H Mul, tidak semata-mata sebagai sebuah mata pelajaran, namun sebuah kegiatan atau sebuah cara yang bisa membentuk perkembangan karakter positif di anak-anak.

Pernyataan ini disampaikan H Mul dengan adanya Roadshow Bus KPK : Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi, yang datang ke Kota “Pisang” Lumajang ini selama 2 hari ini. (adv)

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publiser : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here