Kontingen Lombok Tengah Kenalkan Budaya Lokal di Ajang WACI Jember Fashion Carnaval 2019

oleh -63 views
Arak-arakan ‘Nyongkolan’ kontingen Kabupaten Lombok Tengah berhasil memukau para penonton WACI Jember Fashion Carnaval 2019. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Minggu (4/8/2019) suaraindonesia-news.com – Salah satu kontingen yang tampil dalam venue Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia (WACI) Jember Fashion Carnaval, Sabtu (3/8/2019) sore, adalah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dengan tagline ‘Lombok Bangkit, Lombok Aman, Lombok Mendunia’, kontingen Kabupaten Lombok Tengah menampilkan arak-arakan budaya nyongkolan, 150 orang partisipan yang terdiri dari paguyuban taruna dan kepala sekolah yang tergabung dalam MKKS se-Kabupaten Lombok Tengah itu berhasil mencuri perhatian dan mendapatkan tepuk tangan meriah dari para penonton.

Budaya Nyongkolan, merupakan salah satu upacara wajib dalam prosesi pernikahan. Nyongkolan adalah puncak acara ritual pernikahan suku sasak, ritual ini dilakukan dengan arak-arakan pasangan pengantin layaknya raja dan ratu yang menuju kediaman mempelai wanita, budaya nyongkolan terdiri dari keluarga dan kerabat dari mempelai pria.

Arak-arakan Nyongkolan diringi oleh musik tradisional ‘Gendang Belik’ yang dimainkan secara berkelompok, pada awalnya gendang belik hanyalah alat musik yang mengiringi para prajurit saat akan berjuang menuju ke medan perang. Suara yang dihasilkan dipercaya membuat para prajurit lebih berani untuk berkorban membela kerajaan, tapi seiring berjalannya waktu, gendang belik dipergunakan sebagai hiburan yang dipertunjukkan pada acara kebudayaan, kesenian dan perayaan pernikahan adat.

Selain itu, kontingen ini juga menampilkan ‘Tari Gandrung’ yang merupakan tarian tradisional suku sasak di Lombok, tarian ini sebagai hiburan untuk para prajurit yang kembali dari perang. Mereka juga menampilkan budaya ‘Presean’ yaitu pertarungan antara dua laki-laki (pepadu) yang bersenjatakan penjalin atau tongkat dari rotan dan menggunakan perisai (ende) yang terbuat dari kulit kerbau. Presean untuk melatih ketangkasan para pepadu untuk mengusir penjajah pada masa lalu.

Kabupaten Lombok Tengah terdiri atas 12 kecamatan 12 kelurahan 127 desa Lombok Tengah merupakan satu dari 10 kabupaten kota di propinsi NTB. Kakbupaten Lombok Tengah dikarunia keindahan alam yang mempesona, sehingga banyak orang menyebutnya surga di dunia. Di bagian utara Lombok Tengah tersaji keindahan alam lereng Gunung Rinjani dengan sejumlah air terjun unik nan indah, sedangkan di bagian selatan terjajar hamparan pantai dengan pasir putih berbentuk biji merica, gelombang ombak yang memanjakan para surfer, hembusan anginnya yang bersahabat dengan atlet paralayang, air laut biru yang akan menyisakan rasa rindu membuatnya menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, dan karena keindahan pulau itu membuat KEK Mandalika terpilih sebagai tempat dibangunnya sirkuit Moto-GP yang akan mulai digelar perdana pada 2021.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *