Kompak Minta BPBK Abdya Tidak Tergesa-gesa Keluarkan Rekomendasi Bencana

oleh
Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Koalisi Masyarakat Pejuang Keadilan (Kompak), Saharuddin.

ABDYA, Jumat (6/12/2019) suaraindonesia-news.com – Koordinator Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Koalisi Masyarakat Pejuang Keadilan (Kompak), Saharuddin meminta kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) untuk tidak tergesa-gesa mengeluarkan surat rekomendasi bercana terhadap beberapa proyek yang rusak beberapa hari yang lalu.

Diakui Saharuddin, sejak beberapa hari terakhir, Kabupaten Abdya dilanda curah hujan intensitas tinggi dan sempat terjadi penguapan air di beberapa desa, namun dalam hal ini pihak BPBK tidak seharusnya mengeluarkan rekomendasi penanggulangan seperti bangunan proyek yang rusak.

Menurutnya, pihak BPBK Abdya dalam mengeluarkan rekomendasi harus melakukan koordinasi dengan pihak BPK RI untuk mengaudit terlebih dahulu, apakah pengerjaan proyek tersebut sudah sesusai spek dan kualitasnya.

“Kalau memang kualitas atau speknya kurang, dimasa pemeliharaan proyek tersebut, kan masih bisa dilakukan perbaikan oleh pihak proyek, akibat curah hujan dan penguapan air, dijadikan alasan untuk menutupi proyek yang tidak berkualitas dan harus di anggarkan kembali sampai 50 Miliar oleh BPBK Abdya,” sebut Saharuddin.

Sementara itu, Kepala BPBK Abdya Amiruddin, saat konfirmasi awak media, terkait rekomendasi penanggulangan beberapa proyek yang rusak akibat luapan air, pihaknya tidak pernah mengeluarkan rekom yang bersifat proyek.

“Namun ada beberapa bangunan yang kita keluarkan rekomendasi adalah yang bersifat umum,” tukas Amirudin.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *