Kompak Bangun Branding Kopi Robusta Jember

oleh -554 views
Foto: Peresmian HCE 2022 sebagai upaya mengangkat kopi robusta Jember.

JEMBER, Minggu (11/12/2022) suaraindonesia-news.com – Melalui Holistic Coffee Expo, Pemkab Jember, Puslitkoka Indonesia dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember bergerak serentak memaksimalkan branding kopi robusta yang merupakan kekayaan lokal Kabupaten Jember.

Holistic Coffee Expo (HCE) tahun 2022 ini merupakan event HCE yang digelar ketiga kalinya di Jember.

Berbagai acara dalam HCE 2022 di antaranya, Jember Coffee Talks, peresmian Jember Cupper Team, puncak  Manual Brewing V60 Competition, Lomba kreasi makanan, diakhiri Malam Penganugerahan sekaligus hiburan-hiburan.

Bupati Jember Hendy Siswanto menegaskan, HCE 2022 ini wujud komitmen bersama dalam memajukan perekonomian Jember melalui kopi lokal.

“Kita inginkan dari hulu sampai hilir ini tuntas di Jember, petaninya terdidik, hanya memanen kopi yang sudah merah, petaninya mengolah sendiri kopinya menjadi produk yang bernilai tinggi, pun demikian kita siapkan barista profesionalnya, pangsa pasarnya jelas, penduduk Jember 2,6 juta jiwa ini sudah market yang luar biasa,” jelas Hendy Siswanto, Minggu (11/12).

Bupati Hendy juga menyampaikan, pemerintah juga berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi, salah satunya membidik pasar nasional maupun internasional melalui business matching dalam HCE 2022 ini.

Menurutnya, adanya Jember Cupper Team yang merupakan wadah pencicip kopi dibentuk pada HCE 2022 bertujuan untuk menjaga kualitas rasa kopi yang dihasilkan.

“Pembentukan Jember Cupper Team ini akan sangat mendukung terhadap misi Kabupaten Jember sebagai Penghasil Kopi Robusta terbaik se-Indonesia, saat ini sedang digarap brandingnya oleh DTPHP untuk indikasi geografisnya,” jelas Bupati Hendy.

Ia berharap melalui HCE 2022 ini, semakin memberi dampak positif terhadap perekonomian warga Jember.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan