Komisi I DPRD Kota Bogor Raker ke Kejari Kota Bogor

oleh -197 views
Kajari Kota Bogor, Sekti Angraeni (kanan), anggota Komisi I, Heri Cahyono dan Rizal Utami (tengah) saat Kungker.

KOTA BOGOR, Rabu (15/09/2021) suaraindonesia-news.com – Komisi I DPRD Kota Bogor melakukan rapat kerja (Raker) ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor, Rabu (15/09/2021).

Ketua dan anggota Komisi I DPRD Kota Bogor dalam rapat kerjanya disambut langsung oleh Kepala Kejari (Kajari) Kota Bogor, Sekti Angraeni, bersama jajarannya.

Aggota komisi I DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono menyampaikan, pertemuan antara Komisi I dengan Kajari dapat digunakan untuk memperkuat peran masing masing lembaga, dengan tujuan menciptakan kesejahteraan masyarakat Kota Bogor.

“DPRD memiliki tiga fungsi, yaitu : Legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Anggaran, Kewenangan dalam hal anggaran daerah(APBD) Pengawasan, Kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah,” katanya usai diskusi.

“Untuk anggaran, kita ingin bahwa anggaran yang di putuskan oleh DPRD bersama pemerintah Kota Bogor dapat segera di nikmati oleh masyarakat, baik itu berupa pembangunan maupun yang lainnya,” imbuhnya.

Untuk legislasi, kata Heri, fungsi ini ingin mendapatkan masukan masukan dari Kajari Kota Bogor terkait dengan kondisi sosial ekonomi dan juga hukum di Kota Bogor.

“Perda kita buat untuk mengartur aktivitas warga agar tertib, untuk itu tentu kita ingin mendapat masukan dari segi prioritas sisi mana di masyarakat kita yang masih rawan dan belum tertib, sehingga kita bisa membuat perda sesuai dengan prioritas dan kepentingan,” terangnya.

Dalam membuat Perda tambah Heri, pihaknya ingin dalam konten yang sangat kental bermuatan bahasa hukum, sehingga dapat diberikan pendampingan agar kualitas Perda itu lebih berbobot, sementara terkait pengawasan pembangunan, tentu antara DPRD dan Kejari punya fungsi yang sama.

“Disini kita bisa bekerja sama agar apa yang sudah digariskan dalam kebijakan anggaran tersebut bisa sampai pada sasaran,” ujarnya.

Ditempat yang sama, anggota komisi I DPRD Kota Bogor, Rizal Utami dalam diskusi menyampaikan pentingnya kolaborasi antara eksekutif maupun legislatif dengan Kejari Kota Bogor untuk menyelamatkan aset aset pemerintah Kota Bogor. Menurut nya, ada beberapa bidang aset Pemkot Bogor yang perlu diselamatkan.

Kepala Kejari (Kajari) Kota Bogor, Sekti Angraeni saat diskusi menyampaikan, Datun adalah Kejaksaan di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara
Lingkup Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara meliputi penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya kepada Negara atau Pemerintah meliputi Lembaga/Badan Negara, Lembaga /Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, Badan Usaha Milik Negara/Daerah di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara untuk menyelamatkan, memulihkan kekayaan negara, menegakkan kewibawaan pemerintah dan negara serta memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.

“Jadi kita hanya bisa memberikan bantuan hukum kepada negara, seperti Pemkot, DPRD, Perumda, bahkan kita sudah banyak membantu PLN maupun Bapenda demi menyelamatkan uang negara,” imbuhnya.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Moh Hasanuddin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *