Kemenkumham Hadiri Upacara HUT Kabupaten Nias Ke-147

Bupati Nias bersama Yasona Laoly potong kue HUT

NIAS, Senin (4 Desember 2017) suaraindonesia-news.com – Dihadiri Putra terbaik Pulau Nias Menteri Hukum, dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly dan Marinus Gea anggota DPR RI. Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Ke-147 sedangkan Camat Gido Jellysman Gea bertindak sebagai Komandan Upacara.

Upacara yang diawali dengan pembacaan sejarah Kabupaten Nias oleh Silvester Lase sebagai tokoh masyarakat.

Dalam pidatonya, Bupati Nias yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan jika saat ini Kabupaten Nias sudah berumur 147 tahun.

“Sejarah mencatat, 147 tahun yang lalu tepatnya tanggal 4 Desember 1870, J.F.A de ROOIJ dikukuhkan sebagai kotroler pertama di wilayah Kepulauan Nias dengan Luitenan Der Chinezen bersama So Ghie. Peristiwa ini menjadi tonggak sejarah berdirinya pemerintahan di Kepulauan Nias yang dikenal dengan Kabupaten Nias menjadi cikal bakal terbentuknya empat (4) Kabupaten dan satu (1) Kota di Kepulauan Nias,” jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati dalam pidatonya mengatakan jika perayaan HUT ini adalah yang pertama kali dirayakan.

“Peringatan hari jadi Kabupaten Nias ke-147 tahun 2017 ini merupakan perayaan yang pertama kali dilaksanakan. Sehingga peringatan hari jadi pada tahun ini mengandung makna yang sangat mendalam sehingga sepatutnya diperingati oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Nias dengan sukacita,” tutur Bupati.

Selain itu, ucap orang nomor 1 di Kabupaten Nias itu, penyelenggaraan peringatan hari jadi Kabupaten Nias ke-147 tahun 2017 ini juga dirangkaikan dengan pelaksanaan Festival Pesona Bahari yang telah dimulai sejak tanggal 1 sampai 3 Desember di kawasan Soziona yaitu pantai Bozihona dan pantai Tagaule dan diakhiri dengan acara puncak yang kita laksanakan pada hari ini.

Selain ribuan masyarakat Nias yang ikut upacara tersebut hadir juga putra terbaik Pulau Nias Menkumham Yasonna H Laoli, dr.Ria Telaumbanua Kepala Dinas BP2KB Provsu mewakili Gubernur Sumut, Ketua Himni Marinus Gea, Walikota Gunungsitoli, Wakil Bupati Nias, Wakil Bupati Nias Utara, Forkompida Kabupaten Nias, Sekda Kabupaten Nias, Kepala OPD Lingkup Pemkab Nias, Camat se-Kabupaten Nias, Kepala Desa Se- Kabupaten Nuas,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda se-Kabupaten Nias. (T2g/Jie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here