Kemenkominfo dan Pemkab Raja Ampat Bersinergi Gelar Bimtek

Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi Administrasi Perkantoran Berbasis Web,di Auditorium Kantor Bappeda Kabupaten Raja Ampat, Jalan Kompleks Perkantoran Pemkab Raja Ampat, Kelurahan Warmasen, Distrik (Kecamatan) Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, Senin (1/10).

RAJA AMPAT, Rabu (2/10/2019) suaraindonesia-news.com – Kementerian KomInfo RI dan Dinas Kominfo Kabupaten Raja Ampat bersinergi melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggunaan Aplikasi Administrasi Perkantoran Berbasis Web,di Auditorium Kantor Bappeda Kabupaten Raja Ampat, Jalan Kompleks Perkantoran Pemkab Raja Ampat, Kelurahan Warmasen, Distrik (Kecamatan) Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, Senin (1/10) pukul 14:00 waktu setempat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan / LAIP Kementerian Kominfo RI, Bambang Dwinugroho, Asisten III (tiga) pada Setda Kabupaten Raja Ampat, Yulianus Mambraku, SH, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Raja Ampat, Juariah Saifuddin, SE, MM, sejumlah pejabat Kemenkominfo RI, para Kepala OPD, ASN dilingkungan Pemkab Raja Ampat, serta pelajar dan tamu undangan lainnya.

Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan / LAIP Kementerian Kominfo RI, Bambang Dwi Nugroho dalam sambutannya menyampaikan, Aplikasi Simaya merupakan salah satu aplikasi yang wajib digunakan Perpres 95 2018 tentang pelayanan aplikasi informatika pemerintahan.

Menurutnya, Aplikasi tersebut dibangun pada 2013,dan telah digunakan oleh banyak Pemerintah daerah (Pemda). Banyak aplikasi yang telah dibangun oleh pihaknya (Kementerian Kominfo RI, red).

“Seperti E planning, e budgeting LPSE, dan Simaya yang seharusnya sudah digunakan oleh setiap Pemda,” kata Bambang Dwi Nugroho.

Aplikasi ini, lanjut dia, merupakan aplikasi berbasis cloud sehingga bisa diakses dimana saja, selama masih ada akses internet. Sehingga hal ini mengurangi beban untuk selalu ada di kantor.

“Saya berharap, dengan pelatihan ini dapat ditingkatkan, dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemkab Raja Ampat dalam tugas Pemerintahan,” ujar Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan / LAIP Kementerian Kominfo RI.

Asisten tiga Bidang Adminstrasi Umum Setda Raja Ampat, Yulianus Mambraku, SH M. Si yang mewakili Bupati Raja Ampat, mengatakan, ini merupakan langkah maju bagi daerah dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Ia berharap, kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik karena kegiatan ini berbasis elektronik dan dapat membantu dalam mempermudah pekerjaan.

Menurut Asisten tiga, dengan aplikasi ini maka proses manajemen surat menyurat administrasi perkantoran dapat dimudahkan.

“Dengan demikian Surat menyurat dan disposisi saat ini, tidak harus dilakukan dengan manual namun sudah dapat dilakukan secara elektronik,” tandas Asisten III Bidang Admilustrasi Umum Setda Kabupaten Raja Ampat.

Reporter : Zainal La Adala
Editor : Amin
Publisher : Marisa


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here