Kasat Lantas Bangkalan Ajak Masyarakat Tekan Angka Laka Lantas Dengan Tertib Berlalulintas

oleh -77 views
AKP Abdul Aziz Sholahuddin S.H., S.I.K Kasat Lantas Polres Bangkalan. (Foto: Anam/SI).

BANGKALAN, Kamis (01/10/2020) suaraindonesia-news.com – Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam upaya menekan angka kecelakaan dalam berlalu lintas diantaranya dengan kesadaran bahwa keselamatan dalam berkendara merupakan tanggungjawab bersama.

Perihal keselamatan dalam berkendaraan diakui oleh AKP Abdul Aziz Sholahuddin S.H., S.I.K Kasat Lantas Polres Bangkalan, Madura, Jawa Timur tersebut menjadi salah satu perhatian dirinya dalam mengemban amanah yang baru di kota dzikir dan shalawat.

“Kita punya rasa tanggung jawab artinya bahwa berlaku tertip tidak hanya menjadi tanggungjawab dan tugas kepolisian khususnya, tetapi sudah mendarah daging di masyarakat kita sendiri bahwa memang dengan tata tertib itu untuk keselamatan kita bersama,” kata Aziz yang baru sehari menerima jabata Kasat Lantas di Polres Bangkalan.

“Kalau masyarakat sudah mempunyai kesadaran hukum saya rasa tugas kita semuanya tinggal mulai dari katakanlah lingkup kecil di kampung, nah dari situ misalnya sudah diterapkan dari masing-masing kelompok itu menghimbau dan mengajak tertib berlalulintas, InsyaAllah dari situlah awal yang baik untuk kita menuju Kabupaten Bangkalan yang tertib,” jelasnya saat ditemui dimeja kerjanya. Kamis (01/10) siang.

Menurut Aziz, masyarakat sebenarnya sangat mudah untuk mengikuti aturan tertip berlalu lintas dengan cara menggunakan kepedulian serta kesadaran bahwa saat berkendaraan dijalan untuk mengikuti aturan yang berlaku demi menjaga keselamatan bersama.

“Tertib lalu lintas simpel-simpel saja intinya dijalan itu kan bukan hanya kita saja yang makek tapi banyak, hal kecil pakek helm kemana pun pergi pakek helm mau dekat mau jauh pakek helm karena kita tidak pernah tau kapan kita akan mengalami insiden kecelakaan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, walau sederhana namun sangat penting untuk diterapkan menurut Aziz diantara menggunakan helm setiap mengendara motor sehingga saat terjadi kecelakaan maka meminimalisir akibatnya yang terjadi.

“Mungkin kita sudah saveti tapi pengendara yang lain tidak sengaja menyenggol, tidak sengaja menabrak dari belakang akan tetapi saat kita pakek helm setidaknya kepala kita terlindungi dan yang terjadi pun tidak fatal tapi kalau kita tidak pakek helm istilahnya kepala kita benturannya langsung sama aspal,” jelas Aziz.

Berkaitan dengan himbauan tertip berlalu lintas tersebut dirinya juga menyederhanakan menjadi “tiga siap” untuk selalu diterapkan keseharian masyarakat dalam berlalu lintas.

“Jadi dari satu sisi dari helm mungkin selanjutnya kalau saya rangkum simpelnya sendiri itu three siap atau 3 siap, Pertama siap dengan pengemudinya yang artinya pengemudi siap dengan kondisi sehatnya jadi dia tidak mengantuk sehingga dia siap untuk mengendara, yang kedua siap dengan perlengkapannya artinya kendaraannya harus dengan kondisi ok jangan sampai nanti ketika dipakai ada masalah, yang Ketiga siap mematuhi peraturan yang ada,” tuturnya menjelaskan.

Selain hal tersebut Aziz selaku Kasat Lantas yang baru menjabat juga turut memberi himbauan demi keselamatan bersama untuk terus tertip berlalu lintas, juga diera merebaknya wabah covid-19 mengajak masyarakat untuk memutus mata rantai dengan mengindahkan Prokes (Protokol kesehatan) diantaranya disiplin menggunakan masker.

“Tingginya tingkat kecelakaan mayoritas disebabkan oleh kelalaian yang sebenarnya masih bisa kita antisipasi, jadi saya mohon kepada seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Bangkalan, ayo kita bersama-sama mewujudkan tertib lalu lintas dan diera pandemi seperti ini saya mengajak setiap keluar dari rumah untuk selalu menggunakan masker agar bersama-sama kita memutus rantai penyebaran covid-19,” ujarnya menutup pernyataan.

Reporter : Anam
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *