Kapal Sumekar I Dan III Lama Tak Beroprasi, Himpas Geruduk Kantor PT Sumekar Sumenep

oleh -1,023 views
Suasana saat HIMPASS melakukan akasi demontrasi, dan menyampaikan tuntutannya, agar Kapal Sumekar I dan III yang sudah lama mangkrak segera melayani penumpang penyebrangan warga kepulauan.

SUMENEP, Rabu (23/2/2022) suaraindonesia-news.com – Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenep (HIMPASS) geruduk kantor PT. Sumekar Line. Rabu (23/2/2022).

Entah apa penyebab dan alasan management pengelolah kapal yang melayani warga kepulauan tersebut tidak beroperasi.

Hal itulah yang mendasari para mahasiswa kepulauan Sapeken yang tergabung di HIMPASS melakukan aksi demonstrasi ke kantor PT Sumekar, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Moh. Yudik Faisal Ali selaku koordinator lapangan (Korlap) aksi demonstrasi menyampaikan dalam orasinya, bahwa dirinya dan para demonstran tidak ujub-ujub langsung demo.

Moh. Yudi menjelaskan lebih detail, bahwa sebelumnya sudah diadakan audiensi pada hari Senin tanggal 17 Januari 2022 dengan pihak pengelola PT Sumekar, bahkan dirinya mengakui saat itu langsung ditemui oleh direktur PT Sumekar dan berjanji kapal DBS III akan di oprasikan minggu ke-2 bulan Pebruari 2022.

“Kami datang kesini dengan massa untuk demontrasi, karena kami merasa dibohongi oleh direktur PT Sumekar,” tegasnya.

Masi kata Yudik, hasil audiensi sebelumnya bahwa direktur PT Sumekar berjanji bahwa kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) III (Tiga) akan beroperasi Minggu ke 2 (Dua) bulan 2 (Dua), sedangkan untuk DBS I pihaknya akan segera mengusahakan memperbaiki fasilitas yang ada.

“Namun, sampai saat ini kapal Sumekar 1 maupun 3 belum ada tanda-tanda mau beroperasi,” tegasnya.

“Sehingga kami selaku representasi warga kepulauan merasa kecewa karena dibohongi oleh PT Sumekar,” sambungnya.

Yudik menjelaskan bahwa dalam penyampaian direktur PT. Sumekar DBS III sendiri ketika ditemui dalam audensi mengakui bahwa DBS III sudah 9 (sembilan) bulan tidak beroprasi, terakhir beroprasi hanya rute Kalianget – Kangean dan Kangean – Kalianget.

Sedangkan untuk kapal Sumekar 1 (Satu) sudah tidak beroprasi juga kurang lebih 1 (satu) bulan hingga saat ini tidak ada kejelas kapan akan beroprasi. Namun dalam informasi pengumuman tidak berorprasinya DBS I dikarnakan docking tahunan.

“Akan tetapi Jumat tanggal 18 februari kami melihat DBS I di dermaga kalianget seperti belum dilakukan docking melihat dari kondisi kapal, oleh karena itu jangan salahkan masyarakat kalau ada opini liar terkait perbaikan kapal,” ujarnya.

Reporter : Sudirman
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan