Kadispemasdes Jember : Para Kades Harus Gali Potensi Desa Masing-masing

oleh -94 views
Kepala Dispemasdes Jember, Eko Heru Sunarso meminta para kepala desa di Kab. Jember untuk menggali potensi desa. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Minggu (23/9/2018) suaraindonesia-news.com – Pemberdayaan potensi desa di wilayah Kabupaten Jember masih kurang maksimal. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispemasdes) Jember, Eko Heru Sunarso.

Menurutnya banyak pemerintah desa mengalokasikan dana desa didominasi untuk keperluan infrastruktur.

“Memang infrastruktur itu penting, namun juga tak kalah penting adalah pemberdayaan potensi desa, jadi dana desa itu harus dibagi secara proporsional,” jelas Heru kepada wartawan, Sabtu (22/9/2018).

Heru meminta para kepala desa untuk menggali potensi desa masing-masing supaya terwujud desa mandiri.

Lebih lanjut, produk unggulan desa telah tertuang dalam Permendes nomer 19 tahun 2017 tentang penetapan prioritas penggunaan dana desa tahun 2018.

“Masing-masing desa diwajibkan untuk mengangkat potensi lokal khususnya produk-produk unggulan,” imbuhnya.

Heru mencontohkan Desa Karangpring Kec. Sukorambi telah berhasil memberdayakan produk lokal dimana desa tersebut adalah penghasil bunga mawar di Jember.

“Nah mawar tadi berhasil dijadikan sirup yakni sirup mawar, juga sebagai nugget, jadi ada nilai lebih. Ini nantinya juga bisa jadi Bumdes, nah produk lokal ini harus di back up dengan dana desa,” pungkasnya.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *