Jokowi Serahkan 2.020 Sertifikat Tanah PTSL di Gresik

oleh -88 views
GRESIK, Senin (27/1/2020) suaraindonesia-news.com - Sebanyak 2.020 sertifikat tanah dalam Program Tanah Sertifikat Langsung (PTSL) telah diserahkan Presiden RI, Joko Widodo dengan didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju kepada masyarakat Gresik, Lamongan, Bangkalan, Surabaya dan Sidoarjo di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro, Kab. Gresik, Senin(27/1).

GRESIK, Senin (27/1/2020) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 2.020 sertifikat tanah dalam Program Tanah Sertifikat Langsung (PTSL) telah diserahkan Presiden RI, Joko Widodo dengan didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju kepada masyarakat Gresik, Lamongan, Bangkalan, Surabaya dan Sidoarjo di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro, Kab. Gresik, Senin(27/1).

“Sertifikat tanah ini, jangan di anggunkan hanya untuk konsumtif seperti membeli mobil. Gunakan untuk usaha, baru keuntungan dari usaha tersebut bisa digunakan untuk membeli mobil dan kepentingan lain,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Ditambahkannya, Bagi yang sudah memiliki sertifikat untuk bisa merawat agar tidak rusak.

“Sertifikat yang telah diterima agar bisa dirawat dengan baik. Misalnya di fotocopy lalu disimpan di tempat yang aman.Tujuannya dari di fotocopy adalah apabila hilang bisa diurus dengan mudah,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah mengharapkan di tahun 2024 semua bidang tanah di seluruh Jawa Timur sudah tersertifikat. Ia juga meminta agar sertifikat yang sudah diterima bisa digunakan sebagaimana mestinya.

“Sertifikat bisa digunakan untuk meningkatkan dan memberdayakan ekonomi masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui, di Jawa Timur Pada tahun 2019 sudah ada 11.200.000 bidang tanah yang sudah disertifikatkan. Secara keseluruhan masih ada 9,4 juta bidang tanah yang belum bersertifikat. Sementara itu, di Kabupaten Gresik sebanyak 51 persen tanah sudah terdaftar dan saat ini masih ada 383 ribu bidang tanah yang sedang disertifikatkan. Ditargetkan akan selesai dalam empat tahun mendatang.

Kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Jawa Timur merupakan kunjungan pertama Presiden di awal tahun 2020.

Turut menyertai Presiden dalam penyerahan sertifikat untuk masyarakat ini, antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Djalil, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, serta Staf Khusus Presiden M. Fadjroel Rachman dan Putri Tanjung.

Reporter : Agus Dwi Cahyono.
Editor : Amin
Publiser : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *