Jelang Idul Adha, Bupati Pamekasan Pantau Bazar Hewan Qurban di Desa Samatan

oleh -45 views
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, didampingi Wakil Bupati, Raja'e, saat menyerahkan pakan ternak ke panitia penyelenggara bazar, Moh Tamyis.

PAMEKASAN, Rabu (22/07/2020) suaraindonesia-news.com – Menjelang hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Bupati dan Wakil Bupati beserta Sekda Pemkab Pamekasan, pantau bazar hewan qurban sapi dan kambing, yang dipusatkan di Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Rabu (22/7/2020).

Bazar yang diprakarsai peternak domba, kambing dan sapi (Dokapi) yang bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Pamekasan serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Samatan.

Bazar dibuka oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, dan didampingi Wakil Bupati, Raja’e, serta dihadiri Sekda, sejumlah OPD terkait dan jajaran Forpimka Kecamatan Proppo.

Adapun peserta bazar diikuti oleh delapan kelompok peternak besar yang ada di Kabupaten Pamekasan dengan mengusung tema “Timbang Hidup Berbasis Syariah”

Dalam sambutannya, Bupati Pamekasan menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Pamekasan dengan lima prioritas utama yang sebagian prioritasnya adalah mendorong lahirnya pertumbuhan ekonomi dari desa. Ia berharap kelak akan ada desa perternakan dan desa pertanian yang menjadi ikon pamekasan.

“Profesi peternak itu nantinya bisa tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP) pelaku ternak, karena sejauh ini belum ada KTP warga Pamekasan yang di KTP-nya mencantumkan profesi ternak,” terang orang nomer satu itu.

Dikatakan Baddrut, peternak merupakan bagian dari sumber kesejahteraan yang sudah tidak diragukan lagi, sehingga perlu stake holder terkait didorong untuk serius bekerja dengan menjadikan sektor perternakan sebagai bagian dari kesejahteraan rakyat.

“Melalui kegiatan bazar ini, kami berharap kepada peternak lainnya bisa terinspirasi untuk kemudian bisa menjadikan peternakan sebagian dari usaha untuk mensejahterakan masyarakat,” harapnya.

Panitia penyelenggara bazar,Kades Samatan, Moh Tamyis, menjabarkan, bazar hewan qurban kali ini merupakan inisiatif dari para peternak yang bekerja sama dengan BUMDES Samatan serta Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan. Kegiatan tersebut diikuti oleh 8 Kelompok peternak.

Adapun tujuan kegiatan tersebut karena adanya keinginan untuk menyejahterakan para peternak menjelang hari raya idul adha.

“Semoga ke depan kegiatan ini tetap berlanjut di masa yang akan datang,” kata Tamyiz.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan melalui drh Muh Fachrur Rosi menjelaskan, semua hewan ternak diperiksa secara total meliputi fisik untuk mengetahui kelayakan hewan qurban. Ada sekitar 500-700 hewan qurban yang sudah diperiksa mengenai kelayakannya.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, baru akan dikeluarkan surat keterangan kesehatan hewan dari Dinas yang ditandatangani oleh dokter hewan berwenang,” Tandasnya.

Dalam bazar kali ini, hewan dihargai sesuai dengan berat. Untuk jenis sapi Madura Rp. 60 ribu per kilogram, sapi cross Rp. 50 ribu, kambing jantan Rp. 80 ribu, betina Rp. 75 ribu dan kambing jenis domba Rp. 75 ribu per kilogramnya

“Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan yang kami lakukan seluruh hewan itu sudah layak dan sehat,” pungkasnya.(Adv).

Reporter : My
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *