Ingin Budayakan Mendongeng, Kampung Dongeng Bekasi Menggelar Workshop di Sumenep

Kak Ahsan saat mendongeng di depan puluhan anak-anak

SUMENEP, Kamis (27/12/2018) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka membudayakan dongeng dan mengisi liburan anak dengan hal positif dan mendidik, kampung dongeng bekasi, menggelar workshop mendongeng di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (27/12).

“Dengan workshop ini, nantinya mereka para ibu-ibu diharapkan mau bercerita kepada anak-anak dan lingkungannya,” kata Kak Ahsan, ketua kampung dongeng Bekasi, saat di temui disela-sela acara.

Antusias siswa PAUD, TK dan SDN sangat luar biasa. Sesekali terdengar teriakan atau tawa khas anak-anak yang menyelingi dongeng Kak Ahsan.

“Saya ingin membudayakan dongeng, karena saat ini dongeng sudah ditinggalkan oleh orang tua,” kata kak Ahsan.

Hari ini, Kamis (27/12/2018), menjadi bagian sebagai relawan dalam ‘Roadshow Dongeng Keliling Kak Ahsan’ yang diadakan di Gedung PKK rumah dinas Bupati Sumenep, dalam rangka mengisi liburan sekolah. Sumenep, dipilih menjadi kota roadshow tersebut.

“Tidak semua anak-anak beruntung bisa menikmati masa liburan sekolah dengan pergi ke tempat-tempat wisata,” jelas kak Ahsan tentang tujuan roadshow keliling tersebut.

Anak-anak yang tidak pergi liburan ini menghabiskan waktu liburan dengan bermain sepanjang waktu. Untuk itu kata dia, daripada anak-anak selama liburan sekolah hanya bermain permainan yang kurang bermanfaat, maka akan sangat bermanfaat bila dalam satu hari diisi dengan dongeng yang dapat menghibur sekaligus memberikan pesan-pesan moral.

“Roadshow ini gratis untuk memberikan dongeng ke tempat-tempat yang mungkin belum tersentuh dengan dongeng. Untuk libur tahun ini roadshow dongeng keliling Madura menjadi pilihan hususnya Sumenep,” terang pria yang memiliki nama lengkap Ahmad Sanusi ini.

Antusias siswa PAUD, TK dan SDN saat teriak dan tertawa dengan khas anak-anak yang menyelingi dongeng Kak Ahsan.

Menurut Kak Ahsan, Roadshow dongeng keliling menjadi acara rutin saat liburan sekolah.

“Saya jadi mencari referensi tertulis tentang dongeng. Dongeng adalah sebuah seni bercerita, mendidik dengan cara bercerita, mengajak bersenang-senang seorang anak dengan tidak lupa menanamkan pesan-pesan moral di dalamnya,” imbuh alumni Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep ini.

Oleh karena itu kata dia, dalam dongeng seringkali menggunakan berbagai macam alat bantu, salah satunya boneka untuk menarik minat anak mendengarkan dongeng dan bisa mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas anak.

Anak-anak saat memainkan permainan daerah usai mengikuti acara mendongeng

“Cara ini dianggap ampuh untuk memberikan pesan-pesan yang baik pada anak-anak, karena anak akan mengingat terus cerita dan pesan yang disampaikan, sehingga bisa diterapkan pada diri masing-masing anak,” tutur Kak Ahsan.

Lanjut Kak Ahsan, ada 4 kegiatan kampung dongeng, yaitu, pekan ceria, dongeng keliling kampung, dongeng menjemput berkah, dongeng berbagi.

“Saya berharap, di Sumenep nantinya juga ada kampung dongeng yang ruti melaksanakan workshop dan mendongeng untuk mengisi hari libur anak,” ucapnya.

Usai mengikuti mendongeng, seluruh anak-anak diajak bermain permainan daerah. (Zaini).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here