Hujan Deras Beserta Angin Puting Beliung Melanda Lamongan

LAMONGAN, Sabtu (12/01/2019)
suaraindonesia-news.com – Hujan tiba-tiba disertai angin puting beliung melanda sejumlah desa di Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, Sabtu (12/01/2019) sore.

Peristiwa tersebut mengakibatkan sejumlah bangunan perkantoran dan puluhan rumah warga lainnya rusak, serta puluhan pohon tumbang hingga mengakibatkan saluran listrik terputus.

“Angin kencang tiba-tiba datang bersamaan dengan hujan deras. Sehingga warga panik dan berteriak,” ungkap Irul, warga Glagah, usai peristiwa terjadi.

Dirinya juga menjelaskan, jika rumahnya juga mengalami kerusakan akibat peristiwa mengerikan tersebut.

“Genteng-genteng rumah saya juga beterbangan hingga bagian atapnya rusak,” keluhnya.

Berdasarkan sumber data yang berhasil dihimpun dari pos siaga bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan. Puting beliung sore itu melanda sebanyaknya 4 desa yakni Desa Lonjong, Desa Margoanyar dan Desa Glagah, yang ketiganya berada di wilayah Kecamatan Glagah. Selanjutnya 1 desa lainnya yakni Desa Priyoso yang masuk wilayah Kecamatan Karangbinangun.

Adapun jumlah kerugian sementara, sebanyaknya 47 rumah warga yang rata-rata mengalami kerusakan pada bagian atap dan plafon. Sedangkan sejumlah fasilitas umum lainnya yang ada di Desa Glagah yakni kantor Koramil, kantor KUD dan puskesmas yang mengalami kerusakan cukup berat.

Sementara pohon yang tumbang terjadi di 4 desa tersebut hingga rata-rata menutup jalan raya dan memutus aliran listrik.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun hingga berita ini ditulis sejumlah petugas gabungan dati BPBD, TNI, Polri dan sejumlah instansi terkait bersama masyarakat masih nampak membersihkan lokasi kejadian dan listrik pun masih padam.

Reporter : Defit Budiansyah
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here