Gunung Agung Bali Meletus

Gunung Agung Bali Meletus

BALI, Selasa (21/11/2017)
suaraindonesia-news.com – Gunung Agung bererupsi sore ini. Asap dari erupsi tampak tebal dan membumbung sekira 500 meter dari permukaan kawah.

Berdasarkan laporan aktivitas Gunung Agung dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) per pukul 12.00-18.00 WITa, Selasa (21/11/2017), asap letusan terpantau berwarna putih kelabu dengan intensitas sangat tebal.

Ketinggian asap mencapai 500-600 meter dari permukaan kawah gunung setinggi 3.142 Mdpl itu. Tekanan asap dilaporkan berkekuatan sedang dan tertiup angin ke arah timur-tenggara dari kawah.

Cuaca saat erupsi terjadi dilaporkan mendung dan hujan bervolume 7,2 mm. Uniknya, kegempaan tercatat nyaris tidak ada kecuali gempa vulkanik dalam sebanyak 2 kali dan 1 kali gempa tremor non-harmonik berdurasi 36 detik.

Status Gunung Agung sendiri masih level III atau siaga walau telah terjadi erupsi.

“Gunung Agung meletus mengeluarkan asap hitam pada pukul 17.35 WITa. Status tetap siaga atau level III dan masyarakat diimbau tetap tenang. Tidak usah panik dan jauhi radiu 6-7,5 kilometer sesuai rekomendasi PVMBG,” ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Sudirman/Jie)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here